Salin Artikel

Vaksinasi Dosis Ketiga untuk Nakes di Kota Tegal Gunakan 160 Vial Moderna

TEGAL, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Tegal, Jawa Tengah, mulai melakukan penyuntikan vaksin dosis ketiga atau booster bagi tenaga kesehatan (nakes), Rabu (18/8/2021).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tegal dr Sri Prima Indraswari mengatakan, setidaknya ada 2.800 nakes di Kota Bahari yang menjadi sasaran vaksin Covid-19 dosis ketiga.

"Untuk booster naker sementara kita dapat alokasi 160 vial vaksin Moderna. Namun kita seleksi yang memenuhi syarat, karena sebelumnya untuk dosis kedua minimal sudah lebih dari tiga bulan," kata Prima kepada wartawan di Balai Kota Tegal, Rabu (18/8/2021).

Selain mendapat 160 vial vaksin Moderna, kata dia, pihaknya juga mendapat 820 vial vaksin Sinopharm, dan 200 vial AtraZeneca dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

Dinkes Kota Tegal mencatat jumlah nakes yang sudah divaksin dosis kedua mencapai 3.258 orang atau 115,33 persen dari target 2.825 nakes.

Tak hanya untuk nakes, vaksinasi dengan Moderna ini menyasar kepada 900 ibu hamil dan warga yang memiliki penyakit penyerta (komorbid) di Kota Tegal.

"Segera kita rapatkan untuk vaksinasi bumil. Dan memang bumil ini direncanakan pakai vaksin Moderna," kata Prima.

Prima menjelaskan, ibu hamil yang akan divaksin harus memenuhi syarat di antaranya janin dalam kandungan minimal sudah berusia enam bulan.

"Bumil yang bisa divaksin harus mengandung tri semester kedua atau berusia enam bulan. Kalau yang tri semester pertama atau usia kandungan tiga bulan belum bisa," kata Prima.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/19/061814878/vaksinasi-dosis-ketiga-untuk-nakes-di-kota-tegal-gunakan-160-vial-moderna

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke