Salin Artikel

BIN Kalbar Ungkap Cara Terduga Teroris Kumpulkan Dana, Ini Penjelasannya

KOMPAS.com - Badan Intelijen Daerah (Binda) Kalimantan Barat (Kalbar) mengungkap salah satu cara kelompok terduga teroris mencari dana, yaitu dengan mengedarkan kotak amal berkedok amaliyah.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Kepala BIN Daerah Kalbar Brigjen Pol Rudi Tranggono.

"Kemarin yang ditangkap itu adalah mereka yang bertugas mencari dana untuk kegiatan-kegiatan amaliyah melalui kotak-kotak amal yang ada di restoran, masjid-masjid yang tanpa kita mengetahui jika uang itu untuk mendukung kegiatan mereka," katanya, dilansir dari Tribunpontianak.co.id.

Untuk itu, Rudi mengimbau warga untuk lebih selektif saat hendak bersedekah di kotak amal.

Niat baik warga yang hendak menyumbang, tambah Rudi, jangan sampai dimanfaatkan oleh kelompok tertentu untuk mendanai kegiatan terorisme.

Cek sumber

Selain itu, warga diminta untuk mengecek terlebih dahulu apakah yayasan atau kelompok yang ada di kotak amal adalah resmi tercatat di instansi pemerintah.  

"Ini sangat bahaya, sehingga kita harus tetap waspada, namun kita harus optimis karena itu kita untuk bersedekah. Namun harus waspadalah jangan sampai uang sedekah dari kita itu digunakan untuk organisasi teroris," harapnya.

Penangkapan terduga teroris

Seperti diberitakan sebelumnya, Kepala Bidang Humas Polda Kalimantan Barat Kombes Donny Charles Go membenarkan adanya penangkapan terduga teroris.

Namun, Donny enggan untuk merinci jumlah orang yang ditangkap dan kronologi penangkapan.

Menurut Donny, penjelasan soal penangkapan ini akan dijelaskan Mabes Polri.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Terduga Teroris di Kalbar Diduga Kumpulkan Dana dengan Kotak Amal

https://regional.kompas.com/read/2021/08/18/170000978/bin-kalbar-ungkap-cara-terduga-teroris-kumpulkan-dana-ini-penjelasannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke