Salin Artikel

Danau Sentani dan Legenda Penunggang Naga di Papua

Di video berdurasi 46 detik tersebut, tampak pembentangan bendera dilakukan di sepanjang puncak bukit dengan pemandangan Danau Sentani di bagian bawahnya.

Billy Tokoro, salah satu dari lima pemilik akun @pacekreatif mengatakan momentum HUT RI dipandang tepat untuk juga mempromosikan potensi wisata Bukit Tungkuwiri yang ada di tepian Danau Sentani.

"Kami dengan momen ini kami mau kasih tahu kalau Papua punya tempat wisata yang indah, jadi momen ini bisa sekalian jadi promosi wisata yang masyarakat punya," kata Billy.

Legenda penunggang naga

Danau Sentani berada di wilayah Sentani, ibu kota Jayapura. Danau terbesar di Papua ini terbentang luas di sepanjang perjalanan menuju Kota Jayapura dari Bandara Sentani.

Berada di selatan Kabupaten Jayapura, danau ini memiliki luas 9.360 hektar dengan kedalaman 70 meter di bawah permukaaan laut.

Danau Sentani menjadi satu kesatuan dengan cagar alam Pegunungan Cycloops yang memiliki panorama alam yang indah dan sarat nilai budaya.

Dikutip dari pemberitaan Kompas.com, masyarakat Danau Sentani percaya jika legenda leluhur mereka berhubungan dengan naga.

Namun mereka terdampar di kawasan Sentani. Naga yang membawa leluhur mereka mati dan menjadi pulau-pulau kecil di kawasan Sentani.

Ekor naga berada di barat, sedangkan kepalanya berada di sisi timur. Untuk badan naga dipercaya menjadi salah satu pulau di Sentani yang diberi nama Pulau Asei.

Lalu bagaimana nasi para penunggang naga?

Mereka selamat dan memulai kehidupan baru di kawasan Sentani. Para penunggang naga dipercaya sebagai leluhur masyarakat Sentani.

Legenda tersebut tertanam di masyarakat Sentani. Legenda tersebut tertuang di motif kerajinan masyarat Sentani, salah satunya adalah lukisan kulit kayu.

Di lukisan tersebut terdapat gambar sederhana naga panjang yang ditunggangi beberapa orang.

Danau Sentani menjadi salah satu pariwisata unggulan yang dimiliki Papua. Di kawasan danau terbesar di Papua ini, tersebar 22 pulau kecil dengan 24 kampung adat.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/18/094900378/danau-sentani-dan-legenda-penunggang-naga-di-papua

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke