Salin Artikel

Ini Cerita Pehobi Ikan Channa Asal Pontianak, Perawatan Mudah, Raup Untung Jutaan

KOMPAS.com - Beternak ikan gabus hias atau lebih dikenal dengan channa kian digemari akhir-akhir ini.

Selain memiliki warna yang indah, ikan channa yang memiliki nama Latin famili Channidae tersebut bisa memberi keuntungan ekonomi tinggi.

Salah satu pehobi channa di Kota Pontianak, Yoyok, menjelaskan, hobi memelihara ikan channa sudah digelutinya sejak 2018.

Saat itu dirinya hanya memelihara satu ekor, tetapi seiring perjalanan waktu, sekarang dirinya memiliki ratusan ekor ikan channa.

Lambat laun Yoyok pun beralih menjadi penjual ikan channa. Menurutnya, channa maru dari Sungai Kapuas Hulu menjadi salah satu jenis unggulan.

Dari corak dan warna memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan ikan channa jenis lain. Lalu, untuk harga ikan channa yang menang kontes ikan bisa tembus Rp 10-80 juta per ekor.

"Yang menarik dari ikan ini, perawatannya minim. Lalu untuk pakan tidak harus setiap hari. Untuk varian juga sangat banyak," katanya, dilansir dari KompasTV, Jumat (13/8/2021).

"Pernah ekspor ke Philipina, Vietnam. Kawan-kawan ada yang juga pernah kirim ke Eropa," katanya.

Menurut Alvin, channa merupakan ikan predator air tawar yang memiliki sejumlah daya tarik, antara lain dari warna, corak, dan keagresifan ikan.

Saat ini, kata Alvin, pehobi juga mempertimbangan tingkat keagresifan dalam memilih ikan channa

https://regional.kompas.com/read/2021/08/18/070000178/ini-cerita-pehobi-ikan-channa-asal-pontianak-perawatan-mudah-raup-untung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke