Salin Artikel

Video Viral Pengendara Ngotot Memaksa Masuk Kawasan Bromo yang Masih Tutup karena PPKM

MALANG, KOMPAS.com - Sebuah video yang menunjukkan pengendara nekat hendak masuk ke kawasan Gunung Bromo, Jawa Timur, viral di media sosial Instagram.

Video itu menunjukkan pengendara berusaha menerobos portal yang dipasang oleh petugas di pintu masuk Jemplang, Kabupaten Malang.

Petugas berusaha menghalau karena Bromo sebagai kawasan wisata masih tutup selama masa PPKM.

Karena memaksa, pengendara motor itu akhirnya cekcok dengan petugas.

Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas pada Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS), Sarif Hidayat mengatakan, kejadian itu terjadi pada Minggu (15/8/2021).

"Itu kejadiannya hari Minggu siang berdasar laporan dari teman-teman di lapangan," kata Sarif, melalui sambungan telpon, Selasa (17/8/2021).

Awalnya, ada sekelompok pengendara motor berusaha masuk ke kawasan Bromo. Karena status masih tutup, petugas menghalau dan berusaha menjelaskan.

Akses masuk menuju kaldera Gunung Bromo itu juga ditutup dengan portal.

"Ada sekelompok pengendara, lebih dari lima, mau masuk ke Jalur Bromo yang ditutup melalui pintu Jemplang. Oleh teman-teman yang bertugas di sana dijelaskan secara persuasif kalau Bromo itu masih ditutup karena PPKM," kata dia.

Namun, pengendara motor itu tetap memaksa masuk dengan berusaha menerobos portal. Akhirnya, petugas terlibat cekcok dengan pengendara itu.

"Tapi si pengendara ngotot seperti yang ada di video itu. Teman-teman sudah tegas dan persuasif menjelaskan. Tapi, pemotor tetap memaksa untuk masuk," kata dia.

Selama ditutup, pintu masuk menuju kawasan Gunung Bromo itu dijaga oleh petugas dan relawan serta warga sekitar.

"Di sana ada relawan volunteer. Mereka (pengendara) dibawa dulu ke pos. Kembali diberi penjelasan akhirnya mereka kembali. Tetap kami konsekuen untuk tidak membuka pintu wisatawan," kata dia.

Bukan saat itu saja ada wisatawan yang berusaha masuk selama ditutup akibat kebijakan PPKM.

Sebelumnya, wisatawan yang berusaha masuk pernah terjadi di akses masuk yang lainnya.

Kebetulan, akses masuk menuju Gunung Bromo juga ada di Cemorolawang, Kabupaten Probolinggo dan Wonokitri di Kabupaten Pasuruan.

"Ada saja di masa-masa penutupan ini. Tapi, tetap kami persuasif dilakukan penjelasan," kata dia.

Sarif berharap kepada seluruh masyarakat untuk mematuhi larangan masuk ke kawasan wisata.

Sebab, sesuai dengan aturan PPKM, kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) masih ditutup untuk aktivitas pariwisata.

"Wisata Bromo belum dibuka. Sehingga tolong bersama-sama memahami situasi ini. Kami sebagai pelaksana di tingkat bawah mendukung kebijakan pemerintah dalam pelaksanaan PPKM. Ini dalam rangka mendukung pemerintah menekan persebaran Covid-19," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/17/082710478/video-viral-pengendara-ngotot-memaksa-masuk-kawasan-bromo-yang-masih-tutup

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke