Salin Artikel

Detik-detik 34 Penumpang Loncat ke Laut Saat Kapal Terbakar di Perairan Bombana

KOMPAS.com - Sebuah kapal yang mengangkut 34 orang terbakar di perairan Dusun Tanjung, Desa Mapila, Kecamatan Kabaena Utara, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (16/8/2021).

Tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Tim SAR bersama warga nelayan setempat berhasil mengevakuasi seluruh penumpang dari Kapal Motor (KM) Sumber Poleang itu.

“Semua penumpang dan ABK sekitar pukul 12.35 Wita berhasil dievakuasi dengan perahu nelayan ke rumah warga Dusun Malandahi, Desa Mapila, untuk didata secara fisik sesuai manifes,” ujar Kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi kepada wartawan, Senin.

Kronologi

Aris menjelaskan, sekitar pukul 11.00 Wita, KM Bukit Sumber Poleang berangkat meninggalkan Pelabuhan Sikeli dengan tujuan Pelabuhan Kassipute, Kabupaten Bombana.

Lalu, satu jam kemudian, tepatnya pukul 12.00 Wita, seorang koki melihat api di belakang dan langsung membesar.

Lalu para ABK segera memberikan pelampung kepada setiap penumpang dan meminta mereka meloncat ke laut.

Sementara itu, peristiwa itu diketahui warga desa nelayan di Desa Mapila yang lokasinya tak jauh dari lokasi kebakaran.

“Total penumpang dan ABK berjumlah 34 orang. Semuanya dalam kondisi selamat dan telah dievakuasi di Desa Mapila, Kabupaten Bombana,“ kata Aris.

Terkait penyebab kebakaran, polisi hingga saat ini masih menyelidiki keterangan para saksi. Dari keterangan awal, api berasal dari bagian mesin kapal.

(Penulis: Kontributor Baubau, Defriatno Neke | Editor: Dony Aprian)

https://regional.kompas.com/read/2021/08/16/211528478/detik-detik-34-penumpang-loncat-ke-laut-saat-kapal-terbakar-di-perairan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke