Salin Artikel

10 Daerah Ini Bisa Manfaatkan Ambulans, Oksigen, hingga Sembako Gratis, Ini Caranya

BANDUNG, KOMPAS.com - Masyarakat terdampak pandemi Covid-19 bisa memanfaatkan sejumlah layanan gratis dari mulai ambulans, peminjaman tabung oksigen, hingga sembako.

CEO Rumah Zakat, Nur Efendi mengatakan, untuk memanfaatkan layanan tersebut, masyarakat tinggal mengakses Crisis Centre Rumah Zakat melalui link tersedia.

"Masyarakat tinggal masuk ke link tersebut dari gadgetnya masing-masing, nanti akan masuk ke beberapa fitur yang dibutuhkan," ujar Nur saat dihubungi Kompas.com, Senin (16/8/2021).

Ada lima fitur yang bisa dipilih, yakni ambulans gratis, bantuan UMKM, pinjam oksigen gratis, sembako isoman gratis, dan telekonsultasi gratis.

Namun untuk sementara, Crisis Centre Rumah Zakat baru melayani masyarakat terdampak pandemi di 10 kota. Adapun harapanya ke depan bisa buka di lebih banyak kota.

Sebanyak 10 kota tersebut yakni Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Cimahi, Makassar, Pontianak, dan Yogyakarta.

Saat pandemi gelombang kedua tengah tinggi-tingginya, peminjaman tabung oksigen bisa mencapai 300 per hari.

Kali ini, jumlahnya sudah melandai seiring dengan jumlah kasus Covid-19 yang menurun.

Selain Crisis Centre, Rumah Zakat juga merilis program Santunan Yatim Dhuafa. Yakni santunan bagi yatim yang ditinggal orangtuanya akibat Covid-19.

Ada beberapa paket bantuan yang diberikan. Yakni bantuan keluarga, santunan, atau beasiswa.


Selain itu ada pula program pemberdayaan dan stimulus ekonomi (UMKM) dengan menyediakan sembako keluarga, borong berbagi, dapur berdaya, hingga bantuan modal.

"Sampai sekarang ada 1.204 UMKM yang kita dampingi dan juga terdapat 2.243 UMKM penerima manfaat program Borong Berbagi," ucap dia.

Caranya dengan membantu memborong dagangan UMKM untuk kemudian dibagikan kepada mereka yang membutuhkan.

Hingga saat ini pihaknya telah membantu 967.248 penerima manfaat di 250 kota/kabupaten di 27 provinsi dengan menurunkan 3.948 relawan.

Untuk mengetahui lebih lanjut bantuan tersebut dapat dilakukan dengan klik di sini

https://regional.kompas.com/read/2021/08/16/202324978/10-daerah-ini-bisa-manfaatkan-ambulans-oksigen-hingga-sembako-gratis-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke