Salin Artikel

Gubernur Sumbar dan Wakilnya Beli Mobil Dinas Baru di Tengah Pandemi, Anggota DPRD: Di Mana Rasa Kepeduliannya?

KOMPAS.com - Di tengah pandemi Covid-19 yang sedang melanda di berbagai wilayah Indonesia, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi dan Wakil Guberbur Audy Joinaldy membeli mobil dinas baru.

Mobil yang baru dibeli itu yakni Mitsubishi Pajero untuk gubernur dan Hyundai Palisade untuk wagub.

Terkait dengan pembelian mobil dinas itu, anggota DPRD Sumbar Komisi V Nofrizon pun menyayangkannya karena sedang dalam kondisi pandemi.

Nofrizon menyebutkan, anggaran pengadaan untuk dua mobil dinas baru itu mencapai lebih dari Rp 2 miliar.

"Sangat kita sayangkan. Kita kan sedang pandemi dan refocusing anggaran, tapi malahan mereka membeli mobil dinas baru," kata Nofrizon.

"Di tengah pandemi ini, alangkah eloknya mereka menunda membeli mobil dinas baru. Kita aja melakukan refocusing anggaran. Di mana rasa kepeduliannya pada masyarakat," sambungnya.


Kata Nofrizon, jika yang jadi alasan mobil dinas lama rusak, masih ada mobil yang lain.

"Saya yakin mereka tahu beli mobil dinas baru. Kemudian jika disebut mobil rusak, kan mobilnya banyak, tidak satu. Silakan cek di garasi mobilnya," kata politisi Demokrat itu.

Nofrizon lantas membandingkan dengan Ketua DPRD Sumbar Supardi yang saat ini masih memakai mobil dinas lama, dan tidak menggangarkan untuk membeli mobil dinas baru.

"Ini beda jauh. DPRD sangat paham kondisi sehingga tidak menganggarkan membeli mobil dinas baru tahun 2021 ini. Beda dengan gubernur dan wagub," ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi dan Wakilnya Audy Joinaldy membeli mobil dinas baru di tengah pandemi Covid-19 dan refocusing anggaran.

Dua mobil baru itu adalah Mitsubishi Pajero untuk Gubernur Sumbar Mahyeldi dan Hyundai Palisade untuk Wagub Audy Joinaldy.

Mahyeldi mengatakan, pembelian mobil baru dilakukan karena mobil dinas yang lama sudah rusak.

"Mobil lama sudah rusak, rem blong, enggak mungkin itu dipakai," kata Mahyeldi kepada Kompas.com usai rapat paripurna DPRD Sumbar, Senin (16/8/2021).

Selain itu, kata Mahyeldi, pengadaan mobil juga telah dianggarkan di APBD 2021.

 

(Penulis : Kontributor Padang, Perdana Putra | Editor : David Oliver Purba)

https://regional.kompas.com/read/2021/08/16/152410978/gubernur-sumbar-dan-wakilnya-beli-mobil-dinas-baru-di-tengah-pandemi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke