Salin Artikel

Relawan di Madiun Gelar Upacara Bendera Peringatan HUT RI di Pemakaman Jenazah Covid-19

Mengenakan hazmat dan APD lengkap, para relawan memilih menggelar upacara bendara untuk memperingati HUT ke-76 RI di tempat pemakaman umum Pagu Indah, Kelurahan Manisrejo, Kecamatan Taman, Kota Madiun, Jawa Timur, Minggu (15/8/2021).

“Kami memilih tempat pemakaman itu karena di situ banyak dimakamkan jenazah covid-19 selama pandemi,” kata Koordinator Tim Pemakaman Jenazah Protokol Kesehatan Covid-19 dari PMI Kota Madiun, Yulius Victoria kepada Kompas.com, Minggu (15/8/2021).

Bentuk keprihatinan

Pria yang akrab disapa Kelik ini mengatakan, upacara bendera digelar di tempat pemakaman sebagai bentuk keprihatinan para relawan terhadap pandemi yang belum diketahui kapan akan berakhir.

“Negeri kita saat ini juga prihatin dengan adanya Covid-19,” kata Kelik.

Namun dia bersyukur, saat hendak memperingati HUT RI, jumlah jenazah pasien Covid-19 yang dimakamkan makin menurun di Kota Madiun.

Sebulan yang lalu, timnya bisa memakamkan hingga 15 jenazah pasien Covid-19 dalam sehari.

“Saat ini sudah turun dibandingkan bulan kemarin. Ini hari hanya enam jenazah yang kami makamkan,” ujar Kelik.

Total relawan yang mengikuti upacara bendara sebanyak 13 orang. Mereka berasal dari relawan PMI, BPBD hingga Puskesmas.

Kegiatan upacara bendera pun berlangsung sederhana. Seperti upacara kenegaraan, belasan relawan juga menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Selain itu mereka juga mengheningkan cipta untuk arwah korban Covid-19 dan pejuang kemerdekaan yang gugur di medan perang.

Usai menggelar upacara bendera, para relawan pemakaman jenazah Covid-19 berharap pandemi ini segera berakhir dari bumi Indonesia.

Dengan demikian kehidupan warga dapat normal kembali.

“Penanganan Covid-19 harus tetap berjalan. Kami berharap ke depan Covid-19 tidak merajalela di Indonesia lagi khususnya di Kota Madiun,” kata Kelik.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/15/221519078/relawan-di-madiun-gelar-upacara-bendera-peringatan-hut-ri-di-pemakaman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke