Salin Artikel

Tanpa Syarat KTP atau KK, BIN Kepri Bagikan Sembako Cuma-cuma ke Warga Kampung Bagan

Sembako dari BIN Kepri ini diberikan secara cuma-cuma. Warga tidak harus menunjukan KTP maupun KK.

Tentunya hal ini berbeda dengan program pembagian sembako pada umumnya, di mana setiap penerima paket sembako harus menunjukan KTP atau KK untuk memastikan legalitas warga yang mendapatkannya.

Nadya (52) warga RT 02 Kampung Tua Bagan Piayu mengaku kaget dengan pembagian sembako kali ini.

Dia sama sekali tidak menunjukan kartu identitas apa pun, baik KTP maupun KK.

"Enggak ada minta syarat seperti pemberian sembako lain. Saya tak ada diminta KTP atau KK, cuma dikasih tahu ada program bagi sembako tadi malam sama pak RT," kata Nadya, Minggu (15/8/2021).

Senada yang diungkapkan oleh Nadya, Ezam (55) warga Kampung Tua Bagan, Piayu juga mengaku kaget menerima sembako cuma-cuma.

Walau demikian, Ezam mengaku senang dengan program ini, apalagi pihak penerima tidak memberikan syarat apa pun.

"Saya pikir kemarin pak RT bercanda. Karena biasanya kalau ada program sembako, pasti minta syarat KTP dan KK. Tapi ternyata benar, dan sepertinya penyelenggara memang memilih agar bantuan tepat sasaran," terang Ezam.


Hal ini diungkapkan Ezam, melihat para penerima bantuan sembako yang mayoritas merupakan para orangtua di Kampung Bagan dan bekerja serabutan.

"Kayak saya sekarang bekerja serabutan, walau memang ada anak yang bantu. Tapi saya tidak enak setiap saat harus merepotkan mereka terus untuk kebutuhan seperti ini," papar Ezam.

Ketua Panitia Posko Bantuan BIN Daerah Kepri, AKP Nasrun menuturkan, program pembagian sembako, yang dilaksanakan di Kampung Tua Bagan ini, merupakan titik yang ke 33.

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, bantuan sembako ini ditujukan bagi masyarakat tidak mampu dan masyarakat pinggiran yang terdampak Covid-19.

"Ini titik yang ke 33, dan total ada 200 paket bahan pokok yang dibagikan kepada warga yang membutuhkan," kata Nasrun.

Mengenai program ini, pihak BIN Kepri mengaku tetap menyelenggarakan bantuan setiap hari, di berbagai titik yang berbeda.

Sebelumnya, pihaknya juga telah melakukan program serupa, di beberapa pulau yang tersebar di wilayah Batam.

"Target utama adalah masyarakat yang terdampak, dan juga masyarakat hinterland. Seperti kemarin, kita sudah menyalurkan bantuan ini ke beberapa warga seperti di Pulau Karas, Kasu, hingga Galang. Bantuan ini, akan tetap berjalan setiap hari," pungkas Nasrun.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/15/201201178/tanpa-syarat-ktp-atau-kk-bin-kepri-bagikan-sembako-cuma-cuma-ke-warga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke