Salin Artikel

Basarnas Evakuasi 11 Warga Terjebak Banjir di Nias Utara, Ada Bayi hingga Lansia

"Tim SAR Gabungan telah berhasil mengevakuasi 11 orang dari bayi sampai lansia, akibat terjebak banjir," kata Kepala Seksi Opersional Kantor Basarnas Nias, Benteng H Teluambanua, melalui sambungan telepon, Minggu (15/8/2021) pukul 03.30 WIB.

Warga yang dievakuasi ini tersebar di beberapa lokasi di Desa Hilimbosi. Rata-rata warga saat dievakuasi sudah berada di atas atap rumah mereka masing-masing.

Dalam evakuasi tersebut, selain personel Basarnas Nias juga dibantu warga setempat, baik dari desa maupun kecamatan.

Benteng H Teluambanua menyebut, dalam evakuasi ini Basarnas Nias menerjunkan 8 orang personel tim penyelamat.

"Jumlah personel ini dibagi beberapa tim sehingga warga yang terdampak di lokasi bencana bisa tertangani dengan cepat," kata dia.

Hingga pukul 03.50 WIB, Basarnas sudah tidak menerima laporan adanya warga yang terjebak.

"Meskipun demikian, seluruh anggota Basarnas masih disiagakan, dilokasi kejadian mengantipasi adanya banjir susulan atau hal yang tidak diinginkan," sebutnya.


Banjir Nias

Sebelumnya, banjir terjadi di wilayah Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara, akibat hujan yang terus mengguyur sejak hari Sabtu (14/8/2021) siang hingga Minggu (15/8/2021).

Sehingga membuat sejumlah sungai meluap dan merendam permukiman bahkan sejumlah ruas jalan proppinsi, penghubung Kabupaten Nias Utara dari dan ke Kota Gunungsitoli.

Tidak ada korban jiwa, namun kerugian ditaksir ratusan juta rupiah. 

https://regional.kompas.com/read/2021/08/15/063056378/basarnas-evakuasi-11-warga-terjebak-banjir-di-nias-utara-ada-bayi-hingga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke