Salin Artikel

Ada Kejadian Korban Tenggelam, Pemandian Telaga Bidadari di Batam Ditutup

Hal ini dilakukan menyusul ditemukannya warga yang meninggal dunia karena tenggelam setelah berenang di telaga tersebut pada Rabu (11/8/2021) kemarin, dan saat ini jenazah juga telah dievakuasi oleh warga pada hari kejadian.

Kepala Subdit Pengamanan Aset dan Objek Vital BP Batam, Kurniawan menuturkan, dengan adanya peristiwa ini, maka pihaknya menetapkan agar melakukan melakukan penjagaan penuh.

"Sejak diketahui warga, kawasan ini memang kerap didatangi. Selain karena tempatnya teduh, air di telaga bidadari ini memang jernih, sehingga sering dijadikan lokasi bermain tidak hanya warga sekitar, tapi juga dari Kecamatan lain," kata Kurniawan melalui telepon, Jumat (13/8/2021).

Selain itu, Kurniawan mengatakan alasan lain penutupan telaga bidadari, dikarenakan kawasan tersebut merupakan daerah resapan air yang tidak boleh terganggu karena akan berpengaruh kepada kualitas dan debit air yang ada.

“Telaga Bidadari, Kawasan Simpang Dam, Muka Kuning bukan objek wisata yang terbuka untuk umum. Pasalnya, lokasi tersebut masuk ke dalam area tangkapan air hujan (catchment area),” tegas Kurniawan. 

Mengenai penutupan akses menuju telaga bidadari, saat ini ada dua akses, yaitu melalui Kampung Aceh, Muka Kuning dan Bukit Daeng, Tembesi.

Untuk saat ini kedua akses tersebut tidak ada pos khusus penjagaan, mengingat lokasi telaga bidadari tidak diperuntukan sebagai lokasi tujuan wisata.

Tidak hanya itu, penutupan lokasi ini juga sebagai upaya memutus pungutan liar, yang kerap dilakukan oleh masyarakat yang bermukim di kawasan Kampung Aceh.


Pungli akses masuk via Kampung Aceh

Ditpam BP Batam bersama Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan (BU Fasling), BKSDA, dan KLHK bahkan sudah beberapa kali melakukan penertiban terkait adanya warga yang melakukan pungutan tidak resmi untuk masuk melalui akses Kampung Aceh.

"Sering kami temukan dalam razia yang kami gelar bersama. Kalau ada pungutan yang dilakukan masyarakat sekitar. Sementara sebenarnya lokasi ini, bukan diperuntukkan untuk umum," papar Kurniawan.

Untuk itu, Kurniawan juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak lagi memasuki kawasan Dam Muka Kuning terutama Telaga Bidadari.

"Intinya ini bukan lokasi umum, sudah sering diperingati oleh tim patroli. Tapi selalu tidak diindahkan. Makanya ditutup penuh saja," pungkas Kurniawan.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/13/183632978/ada-kejadian-korban-tenggelam-pemandian-telaga-bidadari-di-batam-ditutup

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke