Salin Artikel

Kapal Vietnam Lagi-lagi Tertangkap Basah Mencuri Ikan, Kali Ini di Utara Natuna, 7 ABK Diamankan

KIA Vietnam dengan nomor lambung MV TG 91115 TS dengan tujuh anak buah kapal (ABK) tertangkap oleh KRI Kerambit-627 di utara perairan Natuna.

Dan saat ini kapal tersebut telah diserahkan ke Pangkalan TNI AL (Lanal) Ranai, Natuna, yang diserahkan langsung oleh Komandan KRI Kerambit - 627 Letkol Laut (p) Kurniawan dan diterima oleh Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (p) Dofir.

Melalui telepon, Kolonel Laut (P) Dofir mengatakan, bahwa untuk barang bukti berupa satu buah kapal ikan Vietnam nantinya akan disandarkan di dermaga Posal Sabang Mawang dan dalam pengawasan Posal Sabang Mawang.

Sementara tujuh Anak Buah Kapal (ABK) termasuk nakhoda akan dibawa ke Lanal Ranai.

“Mereka kami bawa ke Lanal Ranai sebagai tindak lanjut proses hukum yang berlaku di Indonesia terhadap tersangka nakhoda KIA tersebut,” kata Dofir, Jumat (13/8/2021).

Ia mengaku sebelum dibawa ke Mako Lanal Ranai, seluruhnya terlebih dahulu dilakukan tes kesehatan yang dilanjutkan dengan tes antigen oleh tim screening Puskesmas Pulau Tiga Barat.

“Barang bawaan mereka juga dilakukan penyemprotan dengan cairan disinfektan, bahkan seluruh ABK Vietnam berikut Nakhoda wajib menerapkan Protokol Kesehatan (Protkes) Covid 19,” terang Dofir.

“Saat ini mereka juga sedang menjalani isolasi di Detensi selama 14 hari dengan pengawasan ketat oleh personil kesehatan Lanal Ranai,” tambah Dofir.

Lebih jauh Dofir mengatakan, setelah masa isolasi selesai, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna agar dilakukan Rapid Test Antigen, untuk kembali memastikan bahwa seluruh ABK Vietnam ini bebas dari Covid-19.

“Meski Pandemi, TNI Angkatan Laut tetap melakukan pengawasan terhadap wilayah Yurisdiksi Nasional secara terus menerus guna menjaga kedaulatan negara, baik dari aksi kejahatan, pencurian maupun keamanan,” pungkas Dofir.


Dua kapal Vietnam tertangkap curi ikan

Sebelumnya pada Juni 2021, ada dua KIA asal Vietnam yang diamankan, KG 90720 TS dan KG 93039 TS dengan total ABK sebanyak 17 orang yang kini dijadikan tersangka.

Dua KIA Vietnam ini menggunakan jaring trawl yang telah dilarang penggunaannya karena memiliki dampak merusak terumbu karang. Kapal dengan nomor lambung KG 0720 TS dinakodai oleh Nguyen Thanh warga negara Vietnam dengan ABK berjumlah 12 orang.

Kemudian KG 93039 TS dinahkodai oleh Dang Thani Tiruyen, warga negara Vietnam dan di dalam kapal terdapat tiga orang ABK.

"Dari hasil pemeriksaan kapal KG 90720 TS dan KG 93039 TS ditemukan barang bukti berupa ikan campuran kurang lebih 500 kg dan alat tangkap berupa satu set jaring trawl dari kapal tersebut," kata Direktur Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri Brigjen Pol Yassin melalui keterangan tertulis, Rabu (9/6/2021).

https://regional.kompas.com/read/2021/08/13/182931178/kapal-vietnam-lagi-lagi-tertangkap-basah-mencuri-ikan-kali-ini-di-utara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke