Salin Artikel

Bupati Gresik Sebut Stok Vaksin Menipis, Diprioritaskan bagi Penerima Vaksinasi Tahap Kedua

Untuk itu, jajaran Pemkab Gresik bakal memprioritaskan stok tersisa bagi mereka yang menjalani vaksinasi tahap kedua.

Gus Yani, sapaan Fandi Akhmad Yani, juga meminta maaf kepada masyarakat, terutama warga Gresik yang belum mendapatkan suntikan vaksin tahap pertama.

Mereka diminta untuk bersabar menunggu kedatangan vaksin yang bakal dikirim oleh pemerintah pusat menuju Gresik.

"Untuk hari ini stok sudah mulai akan habis, jadi sementara ini akan kami utamakan bagi mereka yang menjalani vaksinasi kedua dulu. Mudah-mudahan stok vaksin akan kembali datang Senin depan (pekan depan)," ujar Gus Yani kepada awak media selepas acara penyerahan bantuan dari PT Petro Oxo Nusantara (PON), Jumat (13/8/2021).

Gus Yani berharap, pemerintah pusat dapat segera mengirimkan paket vaksin ke Gresik dalam waktu dekat.

Sehingga, agenda vaksinasi yang kini sedang gencar dilakukan oleh Pemkab Gresik tidak terganggu.

Klaim kasus melandai

Gus Yani mengatakan, angka penularan Covid-19 di wilayah Gresik saat ini terus melandai dibanding pada pekan sebelumnya.

Bed Occupancy Rate (BOR) Rumah Sakit rujukan Covid-19 di Gresik tercatat sebesar 35,98 persen.

"Alhamdulillah angka penularan Covid-19 terus menurun, mudah-mudahan bisa segera turun ke Level 3. Karena itu kami terus mengimbau kepada masyarakat, untuk taat menerapkan protokol kesehatan," ucap Gus Yani.


Terima bantuan

Dalam kesempatan ini, Gus Yani yang hadir bersama Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, menerima bantuan secara simbolis dari PT. Petro Oxo Nusantara (PON) dalam menunjang penanganan Covid-19 di Kabupaten Gresik.

Mereka memberikan empat unit mobil ambulans, 20 tabung oksigen berukuran 6 meter persegi, 3.000 baju hazmat, 1.000 buah gown medis, 1.000 buah appron medis, 10 ribu masker medis, 3.000 masker N95, 20 ribu sarung tangan lateks, serta 100 buah kantong jenazah.

"Sekecil apapun bantuan di masa sekarang pasti membantu, apalagi ini dalam jumlah besar, sudah pasti sangat membantu. Untuk pembagian mobil ambulans akan kami siagakan di mana, nanti akan kami diskusikan lagi," kata Gus Yani.

Donasi Rp 6,3 miliar

Tidak hanya bantuan berupa peralatan medis, PT. PON juga menyalurkan asupan gizi bagi warga terpapar Covid-19 dan paket sembako bagi warga terdampak pandemi di sekitar lingkungan perusahaan.

Nilai total donasi, dikatakan pihak perusahaan, mencapai Rp 6,3 miliar.

"Program ini merupakan bentuk nyata kepedulian dari PT Petro Oxo Nusantara (PON), terhadap kondisi pandemi Covid-19 yang kian memprihatinkan," tutur Direktur Utama PT PON, Jaya Martapa.

Jaya melanjutkan, pada saat pandemi seperti sekarang memang dibutuhkan kerja sama dari semua pihak dalam penanggulangan dan sekaligus mencegah penyebaran Covid-19.

Untuk itu, dirinya berharap, sumbangan yang diberikan PT. PON bakal membantu upaya Pemkab Gresik dalam melakukan upaya penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/13/142040078/bupati-gresik-sebut-stok-vaksin-menipis-diprioritaskan-bagi-penerima

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke