Salin Artikel

Bupati Gresik Sayangkan Masih Banyak Pasien Covid-19 Pilih Isoman di Rumah

Menurutnya, warga masih banyak yang melakukan isolasi mandiri di rumah.

"Sampai saat ini masih banyak pasien yang masih melakukan isolasi mandiri. Saya berharap, Kades (kepala desa) membantu relawan nakes (tenaga kesehatan) untuk mengarahkan pasien yang isoman agar mau isolasi terpusat di Gelora Joko Samudro," ujar Gus Yani, sapaan bupati, saat rapat evaluasi PPKM di kantor Bupati Gresik, Kamis (12/8/2021).

Menurut data Dinas Kesehatan Gresik pada rentang 3 sampai 9 Agustus 2021, ada sebanyak 938 kasus aktif Covid-19.

Rinciannya, sebanyak 200 hingga 250 pasien menjalani perawatan di rumah sakit, sementara yang menjalani isoman berkisar 500 sampai 600 orang.

Fasilitas terus diperbaiki

Gus Yani menekankan bahwa warga Gresik yang terpapar Covid-19 gejala ringan untuk tidak takut menjalani isolasi terpusat di RSL Gejos.

Menurutnya, RSL Gejos didukung dengan sarana dan prasarana mumpuni. Bahkan Gus Yani mengklaim dengan fasilitas yang dimiliki Gejos saat ini sudah membuat pasien 100 persen sembuh.

"Fasilitasnya lengkap. Ada dokter spesialis, oksigen yang tak terbatas, obat-obatan yang lengkap dan dapat konsumsi tiga kali sehari," ucap Gus Yani.


Dia juga menegaskan bahwa fasilitas yang ada di RSL Gejos terus diperbaiki dan ditambah.

Terbaru, RSL Gejos baru saja mendapat tambahan tempat tidur pasien berbahan kardus, seperti yang digunakan di perkampungan atlet pada Olimpiade 2020 Tokyo.

Angka kasus semakin menurun

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Gresik Saifuddin Gozali menjelaskan, ada sebanyak 370 pasien terpapar Covid-19 gejala ringan yang sempat menjalani isolasi terpusat di RSL Gejos pada rentang 3-9 Agustus 2021. Mereka semua saat ini telah dinyatakan sembuh atau 100 persen.

Lebih lanjut Gozali menambahkan, untuk angka kasus Covid-19 yang terjadi di Gresik saat ini secara keseluruhan juga sudah mulai menurun. Dengan Bed Occupancy Rate (BOR) Rumah Sakit rujukan Covid-19 yang ada di Gresik mengalami penurunan, dan sampai saat ini hanya sebesar 35,98 persen.

"Posisi kita saat ini hampir mendekati zona oranye. Di Rumah Sakit lapangan banyak tempat tidur yang kosong, dan hanya 30 orang yang tengah dirawat di sana," kata Gozali.

Senada dengan Bupati Gresik, Gozali juga menyarankan kepada pihak Puskesmas dan tenaga kesehatan yang berada di lapangan, untuk berusaha mengarahkan warga yang sedang menjalani isoman di rumah agar berkenan menjalani karantina di RSL Gejos, yang sudah diresmikan menjadi tempat isolasi terpusat di Gresik.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/12/170053278/bupati-gresik-sayangkan-masih-banyak-pasien-covid-19-pilih-isoman-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke