Salin Artikel

Fokuskan Vaksinasi di Kawasan Pendidikan, Wabup Sumedang: Kita Optimistis, Target Tercapai Awal September

SUMEDANG, KOMPAS.com - Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan optimistis target vaksinasi sebesar 70 persen di kawasan pendidikan meliputi dua kecamatan di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat dapat tercapai pada awal September 2021.

Erwan mengatakan, vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Sumedang kini baru tercapai 20 persen. Kawasan pendidikan saat ini difokuskan untuk mengakselerasi vaksinasi di Sumedang.

Yakni di Kecamatan Jatinangor dan Kecamatan Tanjungsari. Sehingga dalam sehari, capaian vaksinasi mampu mencapai 1 persen.

"Kita optimistis akan dapat mencapai target (70 persen) pada 9 September," ujar Erwan kepada sejumlah wartawan di Apartemen Taman Melati, Jatinangor, Sumedang, Kamis (12/8/2021).

Erwan menuturkan, selain untuk mendukung rencana kuliah tatap muka di kawasan pendidikan yang dijadwalkan dilaksanakan September 2021, vaksinasi yang difokuskan di dua kecamatan ini karena merupakan daerah dengan tingkat mobilitas paling tinggi di wilayah Sumedang.

Seperti Jatinangor, kata Erwan, menjadi pintu gerbang Sumedang dari Bandung dan termasuk ke dalam wilayah algomerasi Bandung Raya.

"Sehingga kita ingin, warga di dua wilayah ini sudah tervaksinasi secepatnya. Mudah-mudahan juga mendukung rencana kuliah tatap muka di kawasan pendidikan ini. Kalau pemerintah pusat sudah mengizinkan, tentunya kita juga sudah siap dalam membentuk kekebalan kelompok (Herd Immunity)," tutur Erwan.


Erwan menambahkan, bahwa dalam mengakselerasi vaksinasi di dua kecamatan ini, Pemkab Sumedang menggandeng sejumlah pihak.

Seperti pelaksanaan vaksinasi hari ini, vaksin Sinovac disediakan oleh Kejaksaan Negeri Kabupaten Sumedang dan tempatnya difasilitasi oleh Apartemen Taman Melati, Jatinangor.

Di tempat yang sama, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kabupaten Sumedang Inal Sainal Saiful mengatakan, vaksinasi ini menyasar sebanyak 2.500 warga di Kecamatan Jatinangor.

"Jatinangor kami pilih karena mobilitas warga di kecamatan ini paling tinggi," ujar Inal.

Sementara itu, Project Manager Taman Melati Jatinangor Rendy Areza mengatakan, bahwa ia mendukung vaksinasi dilaksanakan di tempatnya.

Hal ini sebagai upaya membantu pemerintah dalam mempercepat membentuk herd immunity di Jatinangor.

"Targetnya hari ini 2.500 dosis, kami juga membantu fasilitasi pendaftaran baik melalui online maupun on the spot, warga yang datang langsung. Semoga kami bisa terus berkontribusi seperti ini. Seperti arahan PT Adi Karya dan Kementerian BUMN, terutama dalan membantu pemerintah melakukan percepatan vaksinasi seperti saat ini," kata Rendy.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/12/140719178/fokuskan-vaksinasi-di-kawasan-pendidikan-wabup-sumedang-kita-optimistis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke