Salin Artikel

Sosok Victor Yeimo, Tokoh KKB yang Terjerat Kasus Kerusuhan Jayapura, Dikenal sebagai Orator, Vokal Suarakan Pembebasan Papua

Saat ini, Victor ditahan di Rutan Mako Brimob Kotaraja. Berkas Victor Yeimo sudah diteruskan ke Pengadilan Negeri Jayapura pada Jumat (6/8/2021).

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Papua, Nikholaus Kondomo mengatakan ada desakan dari sejumlah pihak untuk memindahkan Victor dari Rutan Mako Brimob ke Lapas Abepura.

"Kalau sudah sampai tahap ketiga, maka Victor Yeimo akan dipindahkan ke Lapas Abepura," ungkap dia.

Lantas siapakah Victor Yeimo?

Sosok Victor Yeimo sudah tak asing lagi di kalangan Komite Nasional Papua Barat (KNPB) dan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB).

Dikutip dari Surya.co.id, Victor Yeimo lahir di Jayapura, Papua pada 25 Mei 1983. Dia adalah aktivis pro-kemerdekaan dan memegang jabatan Juru Bicara Internasional KNPB.

Yeimo sebelumnya pernah menjabat Ketua KNPB Pusat sejak 2012 hingga 2018. Victor Yeimo sangat familiar di kalangan aktivis dan mahasiswa pro-kemerdekaan Papua.

Ia dikenal vokal menyuarakan pembebasan Papua di berbagai mimbar unjuk rasa.

Ia juga kerap tampil memimpin ribuan massa di berbagai aksi yang berkaitan dengan isu Papua Merdeka.

Yeimo masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Polda Papua DPO/22/IX/RES.1.24/2019/DITRESKRIMUM, terkait Kerusuhan Jayapura pada 29 Agustus 2019.

Kerusuhan dipicu demo menolak rasisme hingga terjadinya pembakaran pertokoan dan perkantoran serta fasilitas umum.

Victor juga disebut sebagai pemimpin demonstrasi serta orator.

"Berdasarkan keterangan saksi-saksi yang menyebutnya sebagai pimpinan demo dan orator yang berorasi mengenai Papua merdeka dan memprovokasi masyarakat hingga mengakibatkan kerusakan umum," tutur Kepala Satgas Operasi Nemangkawai Kombes Iqbal Alqudusy di Timika.

"Victor Yeimo, aktor kasus kejahatan keamanan negara, yaitu kerusuhan Papua tahun 2019," katanya.

Setelah buron selama 2 tahun, Victor ditangkap pada Minggu (9/5/2021) malam sekitar pukul 19.15 WIT di Jayapura.

Sementara itu Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal menyebutkan Victor Yeimo telah diserahkan ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk disidangkan.

Menurut Ahmad, hal tersebut menyusul berkas perkara kasus Victor Yeimo sudah dinyatakan lengkap oleh jaksa.

"Victor Yeimo, Jubir TPNPB, pemimpin kerusuhan papua 2019 berkasnya dinyatakan lengkap atau P21," kata Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal dalam keterangannya, Selasa (10/8/2021).

SUMBER: KOMPAS.com (Penulis: Dhias Suwandi | Editor : Robertus Belarminus, Pythag Kurniati)

https://regional.kompas.com/read/2021/08/12/062600478/sosok-victor-yeimo-tokoh-kkb-yang-terjerat-kasus-kerusuhan-jayapura-dikenal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke