Salin Artikel

Kisah AKBP Sabana Atmojo, Bantu Lunasi Utang Buruh Cuci Keliling yang Isoman

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Kisah inspiratif datang dari seorang polisi di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) bernama AKBP Sabana Atmojo.

Sabana tiba-tiba viral di media sosial karena melunasi utang salah seorang warga yang tengah menjalani isolasi mandiri (isoman) bernama Hamdiah (41).

Ibu dua orang anak ini sehari-hari berprofesi sebagai buruh cuci keliling di Kompleks Asrama Polisi Bina Brata, Banjarmasin Timur.

Warga Komplek Fadhillah Perdana, Kecamatan Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar, Kalsel, itu terpaksa utang demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

"Saya punya hutang Rp 7 juta, alhamdulillah beliau lunasi. Bukan hanya itu, angsuran motor saya yang tinggal 4 bulan yang nilainya hampir Rp 4 juta juga beliau lunasi," ujarnya penuh hari saat dikonfirmasi, Rabu (11/8/2021).

Tak hanya itu, kata Hamdiah, Sabana kerap mengirimkan obat-obatan saat dirinya menjalani isolasi mandiri (isoman).

"Saya merasa sangat terbantu. Saya tak tahu cara membalasnya. Semoga Allah membalas kebaikan beliau dan keluarga dengan berlipat ganda," tuturnya.

Hamdiah mengungkapkan, kebaikan Sabana yang membantunya viral karena beberapa tetangganya mengabadikannya di media sosial.

"Iya pak, ada tetangga yang foto. Mungkin dia sebar. Saya gak tau," tambahnya.

Terpisah, Sabana mengatakan, merasa tergerak membantu karena dia tau Hamdiah dalam kesusahan setelah terpapar Covid-19.

Sabana berharap, Hamdiah bisa menjalani isoman dengan tenang tanpa berpikir lagi dengan utang-utangnya.

"Niat saya membantu dia supaya isomannya dapat berjalan dengan tenang dan lekas sembuh," ucap Sabana.

Pria yang juga menjabat sebagai Wakapolresta Banjarmasin ini menambahkan, personel kepolisian yang merasa mampu harus peka melihat keadaan sekitar selama masa pandemi, terutama kepada yang membutuhkan bantuan.

"Kita harus peka terhadap situasi dan kesusahan masyarakat. Apalagi yang terdampak pandemi Covid-19. Sebisa mungkin kita bantu mereka," tambahnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/11/175435178/kisah-akbp-sabana-atmojo-bantu-lunasi-utang-buruh-cuci-keliling-yang-isoman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke