Salin Artikel

6.080 Tenaga Kesehatan di Banyuwangi Mulai Terima Vaksin Dosis Ketiga

Sebanyak 6.080 nakes di Banyuwangi akan disuntik dosis ketiga menggunakan vaksin Moderna.

Sampai saat ini, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi telah mendapatkan 5.796 dosis vaksin Moderna. Tambahan vaksin dosis ketiga itu akan didatangkan secara bertahap.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan, penyuntikan vaksin dosis ketiga itu ditargetkan tuntas pada 18 Agustus 2021.

Ipuk berharap dosis ketiga ini semakin melindungi nakes yang berhadapan langsung dengan pasien.

"Terima kasih kepada seluruh tenaga kesehatan yang telah berjuang penuh dedikasi dalam penanganan pandemi,” ujar Ipuk saat meninjau pelaksanaan vaksin dosis ketiga di Puskesmas Sepanjang, Kecamatan Glenmore, Selasa.

Ipuk mengatakan, vaksin booster ini sangat penting bagi para nakes di tengah munculnya varian baru Covid-19 yang lebih menular.

"Para nakes bisa bekerja lebih tenang, bisa memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujarnya.

Ia menekankan, terkait pelaksanaan test (pengujian), tracing (pelacakan), dan treatment (perawatan) alias 3T dalam menangangi pandemi Covid-19 terus diperkuat. Ipuk dalam beberapa hari terakhir berkeliling Puskesmas untuk memastikan hal itu.

"3T adalah kunci penanganan pandemi Covid-19. Karena itu saya minta kepada seluruh Puskemas untuk memperkuat testing dan tracing," kata dia.


Ia minta, tracing terhadap satu pasien positif bisa mencapai 1:15 (1 orang positif melacak 15 kontak erat). Hal ini sesuai target Kemenkes.

"Kalau sekarang kita masih belum seragam, ada Puskesmas yang mampu 1:25, tapi ada yang baru 1:5," kata Ipuk.

Ipuk juga meminta tim tracer selalu melibatkan tokoh masyarakat setempat, Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Terkadang ada kendala, kontak pasien positif tidak berkenan menjalani tes.

“Ada misalnya tim tracer kita mendatangi kontak erat warga yang sebelumnya berinteraksi dengan pasien positif, tapi rumahnya dikunci, pagarnya digembok. Jadi terkendala,” paparnya.

Menurutnya, testing dan tracing yang masif berdampak terhadap peningkatan kasus positif. Namun, langkah itu merupakan salah satu upaya pencegahan.

"Yang ketahuan positif segera kita treatment,” imbuh Ipuk.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/10/182220078/6080-tenaga-kesehatan-di-banyuwangi-mulai-terima-vaksin-dosis-ketiga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke