Salin Artikel

113 Anak Kehilangan Orangtua karena Covid-19 di Sleman Dapat Beasiswa Pendidikan

YOGYAKARTA, KOMPAS.com -  Sebanyak 113 anak kehilangan orangtuanya akibat Covid-19 di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta.

Pemerintah Kabupaten Sleman memastikan pendidikan ratusan anak korban Covid-19 itu terjamin.

"Kita ingin pastikan anak-anak tersebut tetap dapat mengeyam bangku pendidikan. Makanya kita fasilitasi bantuan pendidikan dari mulai SD sampai SMA/SMK," ujar Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dalam keterangan tertulis, Selasa (10/08/2021).

Bantuan pendidikan tersebut akan diberikan oleh dinas sosial melalui program Jaring Pengaman Sosial (JPS).

Bantuan pendidikan yang bisa diperoleh untuk anak-anak tersebut maksimal Rp 5 juta setiap tahunnya.

Untuk mendapatkan bantuan, kata Kustini, pihak keluarga bisa mengajukan ke dinas sosial.

"Selain bantuan pendidikan anak yatim-piatu juga akan mendapatkan bantuan sosial dari JPS juga sebesar Rp 200.000. Nanti bisa diregulerkan juga bantuan tersebut sesuai dengan kondisi keluarganya," tegasnya.

Kustini meminta dinas sosial bergerak cepat memverifikasi data anak-anak di Sleman yang berstatus yatim piatu karena virus corona.

"Pemberian bantuan pendidikan ini bukan saja menjaga akses pendidikan bagi anak. Tetapi juga menyelamatkan satu generasi di masa mendatang," tandasnya.

Berdasarkan data Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A2PKB) Sleman, jumlah anak yang menjadi yatim piatu, yatim dan piatu mencapai 113 anak.

Data dari Dinas Sosial Sleman, jumlah anak yatim, piatu dan yatim piatu dari keluarga miskin atau rentan miskin mencapai 27 anak.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/10/173418678/113-anak-kehilangan-orangtua-karena-covid-19-di-sleman-dapat-beasiswa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke