Salin Artikel

BOR Masih Tinggi, PPKM Level 4 di Palembang Diperpanjang sampai 23 Agustus

PALEMBANG,KOMPAS.com - Kota Palembang masuk dalam daftar 45 kabupaten/kota di luar Pulau Jawa dan Bali yang menjadi wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 23 Agustus mendatang

Hal itu diumumkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, pada Senin (9/8/2021).

Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan, wilayahnya tersebut kembali masuk dalam PPKM yang diperpanjang akibat angka Bed Occupancy Rate (BOR).

Adapun BOR saat ini masih berada di atas angka standar nasional. Namun, untuk angka kesembuhan mengalami peningkatan yang signifikan.

Berdasarkan data dari Satgas Covid-19 Kota Palembang pada Senin (9/8/2021), angka BOR kini sebesar 67,78 persen.

Sementara, kasus kesembuhan naik sebanyak 74,90 persen atau mencapai 20.212. Sementara, angka meninggal turun 3,66 persen.

"Tren Covid-19 kita sebetulnya menurun, tetapi level kita naik karena BOR masih di bawah standar nasional. Tetapi angka kesembuhan kita meningkat," kata Harno, usai mengikuti rapat terkait perpanjangan PPKM, Selasa (10/8/2021).

Penerapan PPKM sejak awal Agustus kemarin menurut Harno menjadi pemacu utama tingkat kesembuhan Covid-19 di Palembang menjadi menurun.

Sehingga mobilitas masyarakat dibatasi untuk menekan angka penularan.


Dalam perpanjangan PPKM selama dua pekan ini, tak ada aturan baru yang dikeluarkan. Sehingga, seluruh kegiatan di masyarakat dibatasi sebanyak 25 persen.

"Hotel tidak tutup, tapi dikurangi 25 persen. Jam operasional kita masih batasi seperti intruksi Mendagri," ujarnya.

Untuk kembali menekan angka penularan Covid-19, Palembang akan meningkatkan 3T (Testing, Tracing, Treatment), ruang isolasi, sebaran dan stok vaksinasi serta mobilitas transportasi yang dibatasi.

"Sesuai arah dari Wakil Gubernur, tempat isolasi difokuskan di wisma atlet dan asramahaji. Kemudian kita harus membuat stok vaksin, karena masyarakat masih antusias untuk vaksin," ungkapnya.

Kini di Kota Palembang berstatus PPKM Level 4.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/10/161901278/bor-masih-tinggi-ppkm-level-4-di-palembang-diperpanjang-sampai-23-agustus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke