Salin Artikel

Pemkot Sorong Dapat Bantuan Kapal untuk Tempat Isolasi Terpusat, Bisa Tampung 179 Orang

Kementerian Perhubungan akan mengirimkan kapal milik PT Pelni, KM Sangiang, dari Bitung. Kapal yang diperkirakan tiba pada 13 Agustus itu akan dijadikan tempat isolasi terpusat.

Pemerintah Kota Sorong bersama PT Pelni, Pelindo, dan KSOP Sorong menggelar rapat dan rencana MoU kerja sama antara Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Kota Sorong.

"Puji dan syukur kepada Tuhan dan secara khusus buat bapak Menteri Perhubungan atas pemberian fasilitas kapal Pelni untuk dijadikan sebagai tempat isolasi bagi pasien Covid-19 untuk dirawat. Berita gembira itu saya dapatkan setelah video confrence bersama Pak Menteri Perhubungan," kata Lambert Jitmau di Kantor Wali Kota Sorong, Selasa (10/8/2021).

Kementerian Perhubungan menyiapkan kapal Pelni sebagai fasilitas tempat isolasi terpusat pasien Covid-19 di empat wilayah yakni, Bitung, Bandar Lampung, Medan, dan Kota Sorong.

Lambert menyebutkan, Kemenhub hanya menyiapkan kapal. Sementara fasilitas penunjang untuk isolasi mandiri disiapkan Kementerian Kesehatan dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Recana pendatanganan MoU bersama PT Pelindo dan KSOP kami akan menindaklanjuti dengan proposal kepada kementerian terkait dalam kebutuhan penanganan kepada pasien Covid-19 selama satu bulan," kata Lambert.

Setelah fasilitas tersebut tersedia, Lambert meminta rumah sakit memindahkan pasien Covid-19 ke tempat isolasi terpusat tersebut.

Sementara itu, Kepala PT Pelni Cabang Sorong Muhamad Lutfi Israr Sultan mengatakan, KM Siangiang memiliki kapasitas 500 orang.

Jika social distancing diterapkan, kapal itu bisa menampung 179 orang.

Menurutnya,jika jumlah orang pasien yang dikarantina melebihi kapasitas, PT Pelni akan mendatangkan KM Sirimau yang kapasitasnya lebih besar di atas 200 orang.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/10/153644578/pemkot-sorong-dapat-bantuan-kapal-untuk-tempat-isolasi-terpusat-bisa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke