Salin Artikel

PPKM Level 4 Diperpanjang, Pemkot Makassar Gelar Testing di Jalanan

Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto alias Danny Pomanto mengatakan, testing jalanan akan dilakukan di 15 titik untuk menjaring orang-orang yang terpapar Covid-19.

"Pemkot Makassar bersama TNI dan Polri mengadakan testing on the street. Jadi testing di jalanan, kita mau swab antigen di jalanan orang-orang yang melintas. Ada 15 titik dilakukan pagi dan sore. Sistemnya random, karena kita tidak sanggup kalau semua," kata Danny Pomanto ketika dikonfirmasi, Selasa (10/8/2021).

Danny juga mengungkapkan, posko Covid-19 yang di semua rukun warga akan dimaksimalkan.

Tim detektor Covid-19 akan meningkatkan pemeriksaan warga dan memantau warga yang sedang melakukan isolasi mandiri.

"Jadi ini yang kita mau setiap detektor akan turun, karena posko RW Insya Allah dalam 12 hari ini akan diresmikan. Itu nanti akan memonitoring semua isolasi mandiri yang di rumah. Detektor akan kami turunkan segera untuk memetakan sistem kesehatan dengan protokol yang sudah ditentukan dan disempurnakan," tandasnya.

Danny juga mengklaim rumah sakit rujukan dan tempat isolasi pasien Covid-19 di Makassar sudah siap.

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Daya sudah menambah 259 tempat tidur untuk perawatan sedang dan perawatan berat di ICCU ditambah menjadi 30 dari 9 daya tampung pasien Covid-19.

"Kalau isolasi apung di KM Umsini, Alhamdulillah sudah 50 orang yang sembuh. Sekarang ada 119 orang di atas 50 orang sudah dinyatakan sembuh atau hasil swab PCR-nya negatif setelah isolasi selama 10 hari. Jadi masih banyak daya tampungnya isolasi apung karena bisa sampai 900 orang daya tampungnya," bebernya.

Danny Pomanto menjelaskan, ada dua perbedaan PPKM level 4 sebelumnya yang kini diperpanjang hingga 16 Agustus 2021.

"Perbedaannya pertama, rumah peribadatan itu boleh dibuka 25 persen. Kedua olahraga atas inisiatif pemerintah diperbolehkan tanpa penonton dan olahraga individu diperbolehkan dengan protokol kesehatan ketat. Sedangkan aturan yang lainnya masih sama dan mall dibatasi pengunjungnya serta pembatasan jam operasionalnya," terangnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/10/130200278/ppkm-level-4-diperpanjang-pemkot-makassar-gelar-testing-di-jalanan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke