Salin Artikel

Pemkot Medan akan Memperbanyak Lokasi Vaksinasi di Puskesmas

MEDAN, KOMPAS.com - Mengantisipasi tingginya animo masyarakat Kota Medan dalam mengikuti program vaksinasi, Pemerintah Kota (Pemkot) Medan akan memperbanyak titik layanan vaksinasi.

Wali Kota Medan Bobby Nasution mengungkapkan, pihaknya akan memperbanyak titik vaksinasi di Medan hingga skala terkecil, bahkan hingga ke tingkat kelurahan.

"Jadi vaksinasi massal ke depannya, mulai agak kita kurangi, tapi kita perbanyak titiknya," kata Bobby usai rapat paripurna di DPRD Medan, Senin (9/8/2021).

Dia mengungkapkan, titik vasksinasi di Medan ke depan akan dipusatkan di puskesmas dan puskesmas pembantu (Pustu) yang ada di Medan.

Adapun saat ini kurang lebih ada 80 puskesmas dan Pustu di Medan.

Fasilitas layanan kesehatan itu akan dijadikan pusat vaksinasi, sehingga warga Medan tak perlu jauh-jauh untuk memperoleh vaksin.

Rumah sakit juga tetap disiagakan untuk program ini. Pemkot Medan sendiri memasang target, setidaknya 200 dosis suntikan vaksin per hari untuk setiap puskesmas.

Dengan begitu, setidaknya sebanyak 16.000 dosis vaksin Covid-19 disuntikkan tiap hari di Medan.

"Itu baru dari faskes saja. Belum lagi dari rumah sakit dan vaksinasi yang dilaksanakan TNI-Polri," ungkap Bobby.


Bobby mengakui, dalam beberapa waktu belakangan, animo masyarakat Kota Medan dalam mengikuti program vaksinasi cukup tinggi.

Akibatnya, Kota Medan sampai saat ini masih kekurangan pasokan vaksin.

Kondisi ini juga membuat Pemkot Medan membatasi suntikan dosis pertama. Stok yang ada diprioritaskan untuk suntikan dosis kedua.

"Ke depan, harapan kita, seperti sudah diinformasikan, mudah-mudahan minggu depan dosis dari pemerintah pusat bisa lancar," pungkas Bobby.

Adapun dari 1,9 juta lebih jiwa penduduk Kota Medan yang menjadi target program vaksinasi, kini sebanyak 22,10 persen telah mendapat suntikan dosis pertama dan sebanyak 14,58 persen untuk suntikan dosis kedua.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/09/211229378/pemkot-medan-akan-memperbanyak-lokasi-vaksinasi-di-puskesmas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke