Salin Artikel

BMKG Bantah Isu Badai Siklon Tropis Akan Melanda NTT Beberapa Hari ke Depan, Ini Penjelasannya

Hal tersebut menanggapi informasi yang beredar tentang potensi Bibit Siklon Tropis di wilayah Nusa Tenggara Timur dalam beberapa hari ke depan.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam sebuah keterangan mengatakan, berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer terbaru, teridentifikasi adanya pola pusat tekanan tinggi di wilayah Benua Australia bagian selatan dengan tekanan udara mencapai 1034 mb.

"Keberadaan pusat tekanan tinggi di wilayah tersebut memicu peningkatan kecepatan angin di beberapa wilayah di Indonesia, terutama di Indonesia bagian selatan ekuator termasuk wilayah Nusa Tenggara Timur," kata Guswanto dalam rilis resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu (7/8/2021).

Kondisi dinamika atmosfer tersebut dapat memberikan dampak yang cukup signifikan pada timbulnya angin kencang dan gelombang tinggi di wilayah perairan di sekitar NTT.

"Namun demikian, perlu diperhatikan bahwa angin kencang yang terjadi saat ini bukan badai atau siklon sebagaimana Siklon Tropis Seroja yang terjadi di Nusa Tenggara Timur pada awal April lalu," ujar Guswanto.

Adapun angin kencang yang saat ini terjadi di wilayah NTT masih dapat terjadi hingga beberapa hari ke depan.

Guswanto mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak memercayai isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.


Potensi gelombang tinggi hingga 4 meter di NTT

Beberapa area perairan tersebut adalah Selat Sumba bagian barat, Laut Sawu, dan Perairan Kupang hingga Pulau Rote.

Kemudian, perairan yang berpotensi gelombang dengan tinggi 4 meter hingga 6 meter adalah perairan selatan Sumba dan Samudra Hindia selatan Jawa hingga NTT.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/07/153000078/bmkg-bantah-isu-badai-siklon-tropis-akan-melanda-ntt-beberapa-hari-ke-depan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke