Salin Artikel

Dijanjikan Dapat Bansos Rp 3,6 Juta, Sejumlah Penyandang Disabilitas Kota Serang Kena Tipu

Muhamad Yusuf (39) salah satu penyandang disabilitas mengatakan, pada Rabu (4/8/2021) didatangi oleh pelaku yang mengaku pegawai dinas sosial (Dinsos) menawarkan bantuan.

"Orang itu datang ke rumah ngasih tahu bahwa saya dapat bantuan senilai Rp 3,6 juta. Dalam satu tahun dapat tiga kali," kata Yusuf kepada wartawan di Kota Serang, Jumat (6/8/2021).

Pelaku mengaku pegawai dinsos, minta uang untuk materai

Untuk mendapatkan bantuan, pelaku meminta kepada Yusuf agar menyediakan materai sebanyak 40 lembar sebagai syaratnya.

Namun, Yusuf hanya bisa menyanggupi memberikan uang sebesar Rp 250 ribu sebagai pengganti pembelian materai.

"Saya tanya apa syaratnya, kemudian dia bilang 'Ada uang berapa? nanti sisanya saya talangin' buat beli materai," ujar Yusuf.

Warga Secang, Kelurahan Sumur Pecung, Kota Serang itu pun mempercayai pelaku karena membawa list nama-nama penerima bantuan. Termasuk di dalamnya ada namanya.

"Dia ngejanjiin bantuan langsung cair hari ini. Tapi saya tungguin sampai malam orang itu enggak datang lagi kerumah," kata Yusuf.

Akhirnya, Yusuf sadar bahwa dirinya menjadi korban penipuan kemudian melaporkan kepada pihak kepolisan dan Dinsos Kota Serang.

Yusuf mengungkapkan, sejumlah rekannya sesama penyandang disabilitas juga menjadi korban dengan modus yang sama dialaminya.

"Yang saya ketahui itu ada lima orang yang konfirmasi ke saya, dan saya sudah melaporkannya," tandas Yusuf.


Pelaku janjikan bantuan Rp 3,6 juta hingga Rp 10 juta dalam setahun

Pendamping disabilitas dari Dinas Sosial Kota Serang Mamah Muhamah mengatakan, pelaku mendatangi sejumlah penyandang disabilitas dengan bermodalkan dokumen penerima bansos yang diperoleh dari internet.

Pelaku selalu menjanjikan kepada korbannya akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 3,6 juta hingga Rp 10 juta dalam satu tahun.

"Masyarakat tergiur dan memberikan sejumlah uang. Ada yang Rp 200.000 paling kecil dan paling besar Rp 1,7 juta," kata Amah.

Berdasarkan laporan yang masuk ke Dinsos Kota Serang, sudah ada sebanyak 15 orang warga Kota Serang menjadi korban penipuan.

"Kalau untuk Kecamatan Serang sudah ada 15 orang yang melaporkan. Dan ternyata modus seperti ini juga terjadi di Kabupaten Serang, Kota Cilegon," ujar Amah.

Amah meminta kepada masyarakat, terutama penyandang disabilitas untuk tidak mempercayai orang yang mengaku dan menjanjikan akan mendapatkan bantuan dari pemerintah.

"Bantuan itu sebenarnya tidak ada, dan agar hati-hati jika ada orang mencurigakan. Segera melapor ke pihak pendamping dilingkungannya, dan lapor ke dinas sosial," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/06/183051678/dijanjikan-dapat-bansos-rp-36-juta-sejumlah-penyandang-disabilitas-kota

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke