Salin Artikel

Kisah Arif Setiawan, Polisi yang Bantu Pedagang Lansia Jual Koran dan Tisu

Aksinya itu dia lakukan pada Kamis (5/8/2021) sekitar pukul 14.15 WIB setelah melaksanakan kegiatan pengamanan vaksinasi massal di Gedung Graha Saba Buana Solo.

Selesai melakukan pengamanan, Arif kemudian melaksanakan patroli dengan menggunakan kendaraan bermotor (moge) mengarah Kawasan Gemblegan, Serengan, Solo.

Bapak tiga anak ini melihat ada seorang pedagang bernama Agus sedang menawarkan koran dan tisu kepada para pengguna jalan yang melintas di kawasan itu.

Arif spontan memutar kendaraannya di depan Pasar Harjodaksino Gemblegan, Serengan. Dia kemudian memarkirkan kendaraannya tersebut di tepi jalan sebelah kiri.

"Tidak terbesit dari kami akan viral seperti ini," ucap Arif ditemui di Mapolresta Solo, Jumat (6/8/2021).

Warga Solo Baru, Sukoharjo ini berjalan mendekati Agus yang berusia lanjut dan kakinya sakit akibat penyakit diabetes militus untuk membantu menjualkan dagangannya.

"Saya tanya Pak Agus korannya masih berapa? Masih banyak pak, saya juga jualan tisu ini. Saya boleh bantu jualkan pak?," kata Banit Turjawali Satlantas Polresta Solo.

Arif mengatakan pedagang loper koran dan tisu tersebut awalnya mereka ketakutan ketika didekati untuk membantu menjualkan dagangannya.

"Sebelumnya Pak Agus itu takut. Saya mau dibawa ke mena tapi dalam bahasa Jawa," ungkap dia.


Setelah menjelaskan keinginannya untuk ikut membantu menjualkan dagangannya, Agus pun kemudian mempersilakan Arif menjualkan koran dan tisu miliknya.

Dalam waktu 15 menit dagangan Agus yang dijualkan Arif habis terjual. Uang hasil penjualan koran dia serahkan kepada Agus.

"Ada beberapa masyarakat yang melintas memberikan uang Rp 10.000 tidak usah dikembalikan uang kembaliannya. Harga satu koran Rp 5.000. Ada ibu-ibu yang kami mohon maaf tidak tahu sempat viral seperti itu memberikan uang Rp 100.000 dan tidak minta untuk dikembalikan," ungkap Arif.

Kepedulian Arif dalam membantu pedagang loper koran di tengah pandemi Covid-19 mengundang simpati semua kalangan.

Tak terkecuali atasanya Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak dengan memberikan penghargaan kepadanya.

Penghargaan itu Arif terima bersama dengan dua anggota Polresta Solo lainnya yang juga peduli membantu warga di tengah pandemi.

Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan ada tiga anggota Polresta Solo yang menerima penghargaan atas kepeduliannya dalam membantu masyarakat.

Ketiga anggota yang menerima penghargaan itu antara lain, Iptu Uki, Ipda Festy dan Bripka Arif Setiawan.

"Polresta Solo beberapa waktu lalu sempat viral di medsos karena aksi spontannya merspon warga masyarakat yang membutuhkan di tengah pandemi yang saat ini sedang kita hadapi," katanya.


Dia menambahkan dua anggota yakni Iptu Uki dan Ipda Festy merespon warga yang mengalami kesusahan barter sepatu dengan susu.

Kedua anggota itu langsung merespon dengam cepat dengan membelikan susu dan memberikannya kepada warga yang sedang membutuhkan susu untuk anaknya di Laweyan.

Sedangkan Bripka Arif dengan responnya yang cepat dalam membantu pedagang menjualkan koran dan tisu di Kawasan Gemblegan, Serengan.

"Kepedulian-kepedulian sosial seperti yang ditunjukkan oleh tiga orang personel kita inilah yang saya terus dorong kepada personel Polresta Solo untuk mengasah kepedulian mereka secara bersama sebagaimana filsafat kerja dan hidup Polresta Solo jika diniatkan dengan ibadah maka memilih polisii sebagai profesi adalah jalan menuju surga," ucap Ade.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/06/132057878/kisah-arif-setiawan-polisi-yang-bantu-pedagang-lansia-jual-koran-dan-tisu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke