Salin Artikel

Toko Sembako Bisnis Sampingan Jual Miras, Polisi Kesulitan Bongkar Transaksinya

Pemilik beralasan menjual miras untuk bisa cepat mendapatkan keuntungan besar karena terimbas pandemi Covid-19 yang melanda sekarang ini.

Barang dagangan sembako di tokonya sulit terjual dan memilih sampingan menjual miras karena mudah dijual dengan cepat kepada para pelanggannya dari kalangan muda-mudi.

"Sejak pandemi ini (jual miras), terimbas Covid-19 jadi jualan miras karena mudah dapat untung dan cepat dijualnya," jelas HN (45), seorang wanita pemilik toko sembako tersebut di lokasi penggerebekan.

Kepala Sabhara Polresta Tasikmalaya, AKP Yusuf Ruhiman, mengaku awalnya kesulitan membongkar bisnis miras dengan kedok toko sembako yang dilakukan oleh pelaku.

Soalnya, di toko tersebut tak terlihat transaksi secara langsung perdagangan miras karena barang dagangan yang dipajang di tempat itu semuanya berjenis kebutuhan pokok masyarakat.

Namun, setelah mendapatkan informasi dari kalangan muda yang suka mengonsumsi miras, membenarkan bahwa di toko tersebut menjual miras selain jenis dagangan sembako yang terpajang.

"Berawal dari laporan warga adanya dugaan perdagangan miras di wilayah Kecamatan Cibeurum, Kota Tasikmalaya. Kami sempat kesulitan, tapi mencoba memancing dengan pura-pura membeli miras berbekal informasi dari para pemuda sekitar, kami pun berhasil menggerebeknya dan menemukan 35 botol miras berbagai merk," jelas Yusuf kepada wartawan di kantornya, Kamis (5/8/2021) pagi.

Cara penjualan miras oleh wanita pemilik toko tersebut dilakukan dengan bertemu langsung pemesannya di tempat yang telah disepakati.


Adapun, pelanggan yang sudah terbiasa bisa mendapatkannya langsung dengan mendatangi toko sembako tersebut.

"Untuk membuktikan hal tersebut, kami menyelidiki dan melakukan investigasi. Jadi modusnya itu berkedok sebagai penjual toko sembako untuk mengelabui petugas. Dagangan miras pun disembunyikan pelaku di dekat kamar mandi tokonya," tambahnya.

Kini, pelaku masih menjalani pemeriksaan intensif di Kantor Polresta Tasikmalaya.

Adapun, barang bukti berupa puluhan botol miras sudah diamankan oleh pihak Kepolisian.

"Kita sedang kembangkan kasusnya, terutama mencari pemasoknya selama ini," pungkasnya. 

https://regional.kompas.com/read/2021/08/05/150223778/toko-sembako-bisnis-sampingan-jual-miras-polisi-kesulitan-bongkar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke