Salin Artikel

Kabupaten Sambas dan Kubu Raya Masuk Zona Merah Covid-19, BOR dan Kasus Aktif Tinggi

PONTIANAK, KOMPAS.com – Kabupaten Sambas dan Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat (Kalbar), masuk ke dalam zona merah penyebaran Covid-19.

Hal tersebut berdasarkan data Sistem Informasi Bersatu Melawan Covid (BLC) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional yang dirilis Dinas Kesehatan Kalbar, Selasa (3/8/2021) malam.

“Ada dua kabupaten di Kalbar masuk dalam zona merah atau zona risiko tinggi penyebaran Covid-19, yakni Kabupaten Sambas dan Kabupaten Kubu Raya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kalbar Harisson.

Menurut Harisson, masuknya dua kabupaten tersebut ke dalam zona merah karena keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR), tingkat kematian, serta kasus aktif tinggi.

“Pada hari Minggu kemarin, tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit Kabupaten Sambas mencapai 89,16 persen. Sedangkan kasus aktif dan tingkat kematian di Kubu Raya terbanyak setelah Kota Pontianak,” jelas Harisson.

Harisson melanjutkan, untuk Kabupaten Ketapang yang pekan lalu masuk dalam kategori zona merah kini sudah berpindah pada zona oranye atau zona risiko sedang.

Begitu juga dengan 10 kabupaten dan kota di Kalbar, seperti Kabupaten Sintang, Kota Pontianak, Kabupaten Mempawah, Kabupaten Sekadau, Kabupaten Kayong Utara.

Kemudian, Kabupaten Landak, Kabupaten Bengkayang, Kabupaten Sanggau, Kabupaten Melawi, dan Kota Singkawang.

“Sementara Kabupaten Kapuas Hulu berada di zona kuning,” ucap Harisson.

Sekadar diketahui, pada Selasa (3/8/2021), terdapat tambahan 477 kasus baru Covid-19 di Kalbar.

Terbanyak dari Kota Pontianak 79 kasus, Kota Singkawang 69 kasus dan Kabupaten Sanggau 65 kasus.

Dengan demikian, sejak pandemi Covid-19, total kasus konfirmasi Covid-19 di Kalbar mencapai 26.962 orang, sebanyak 21.181 orang atau 78,55 persen di antaranya telah dinyatakan sembuh, dan 680 orang atau 2,5 persen meninggal dunia.

"Untuk kasus aktif sekarang ini mengapai 5.101 orang atau 18,9 persen," tutup Harisson.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/04/113157078/kabupaten-sambas-dan-kubu-raya-masuk-zona-merah-covid-19-bor-dan-kasus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke