Salin Artikel

RSUD Buleleng Penuh, Pasien Covid-19 Jalani Perawatan di IGD hingga Lorong RS

Sejumlah pasien Covid-19 di RSUD Buleleng terpaksa dirawat sementara di lorong ruangan hingga IGD sembari menanti ada ruangan kosong.

"Puncaknya di Minggu (1/8/2021) malam itu ada 38 pasien yang belum mendapat tempat. 6 orang sempat di lorong," kata RSUD Kabupaten Buleleng, Putu Arya Nugraha saat dihubungi, Selasa (3/8/2021).

Meningkat sepekan terakhir

Nugraha menyebutkan, peningkatan pasien Covid-19 di RSUD Buleleng sudah terjadi sejak satu pekan terakhir.

Rata-rata peningkatan pasien Covid-19 dalam satu malam sebanyak 20 orang. Puncak dari peningkatan itu terjadi pada Minggu (1/8/2021) malam kemarin sebanyak 38 orang.

Meski begitu, lanjut Nugraha, pihaknya saat ini terus berupaya mengatasi situasi sulit tersebut. Pasien yang sebelumnya ada lorong RS, kini sudah bisa digeser semua ke IGD.

"Kita kan ada ruangan IGD, triasa namanya. Triasa anak, Triasa bedah, umum, penyakit dalam, itu semua terisi," tuturnya.

Pihak RS juga tengah mempersiapkan ruangan tambahan untuk pasien Covid-19 yang terpaksa harus menjalani perawatan.

Pada Selasa (3/8/2021) hari ini, sebanyak 18 tempat tidur di ruang Melati II tengah dipersiapkan untuk menampung pasien Covid-19.

"Jadi kalau misalnya ada pasien yang datang ke tempat kita terus indikasi harus dirawat, ya kita pakai ruang yang lain dulu. Walaupun kita belum SK kan sebagai ruang isolasi," kata dia.

Selain itu, pihak RSUD Buleleng juga terus menjalin koordinasi dengan sejumlah RS Swasta di Buleleng untuk menerapkan pembagian pasien Covid-19.

Pasien dengan gejala ringan dan memerlukan perawatan akan diarahkan ke RS swasta.

Sementara pasien Covid-19 yang menunjukkan gejala sedang dan berat akan dirawat di RSUD Buleleng.

Hal itu untuk menjaga ketersediaan tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) di RSUD Buleleng yang sudah mencapai 110 persen dari 97 kapasitas tempat tidur.

"97 kapasitas tempat tidur, 38 ICU, sisanya isolasi biasa. Dan penuh semua," kata dia.

Dia berharap masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan. Ia juga mendorong masyarakat yang belum menjalani vaksinasi untuk melakukan vaksinasi.

"Patuhi protokol kesehatan, yang sudah vaksin tetap hati-hati karena ada varian Delta, yang belum vaksin ya segera (vaksin)," pungkasnya.

Berdasarkan data dari Satgas Covid-19 Kabupaten Buleleng, kasus positif secara kumulatif per Senin (2/8/2021) kemarin sudah menyentuh angka 7.317 kasus.

Dari jumlah itu sebanyak 5.911 orang dinyatakan sembuh, 301 orang meninggal dunia, dan yang sedang menjalani perawatan sebanyak 1.094 orang.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/03/121438878/rsud-buleleng-penuh-pasien-covid-19-jalani-perawatan-di-igd-hingga-lorong

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke