Salin Artikel

Warga: Ada Surat Bebas Covid-19 tapi Belum Vaksinasi, Batal Berangkat ke Luar Daerah

LAMPUNG, KOMPAS.com - Sejumlah warga terburu-buru mencari vaksin demi syarat perjalanan ke luar daerah.

M Fahril (26) warga Jalan Imam Bonjol mengaku baru terpikirkan untuk melakukan vaksinasi setelah rencana perjalanannya terhambat beberapa waktu lalu.

Fahril berencana pergi ke Jakarta untuk berbelanja pakaian untuk tokonya. Fahril biasa langsung membeli pakaian di wilayah Tanah Abang.

"Tempo hari mau ke Jakarta, belanja kebutuhan toko. Sudah swab antigen, tapi ternyata nggak ada kartu vaksin, ya batal berangkat," kata Fahril ditemui di acara Vaksinasi Keliling Polda Lampung di El's Coffee, Senin (2/8/2021).

Terkait vaksin ini, Fahril mengaku tidak berminat lantaran ragu dan terpengaruh informasi yang tak valid di media sosial.

Namun, setelah rencananya tertahan lantaran tak punya kartu vaksin, Fahril langsung mencari info pelaksanaan vaksinasi.

"Katanya begini, katanya begitu, ya kita jadi ragu, ternyata setelah divaksin, nggak ada apa-apa," kata Fahril.

Pendapat serupa dikatakan Fitriani (24) warga Tanjung Karang Barat. Gadis yang biasa disapa Fitri ini mengaku rutin ke Palembang untuk bisnis kuliner milik orangtuanya.

"Sebulan bisa dua kali. Dulu biasa naik kereta api. Tapi sejak ada syarat harus punya kartu vaksin saya jadi ga pernah ke sana (Palembang)," kata Fitri.

Fitri pun awalnya tidak tertarik untuk mengikuti vaksinasi. Menurutnya, hal itu karena dia mendapatkan informasi bahwa stok vaksin sudah habis di Bandar Lampung.

"Dapat info dari temen, katanya sudah habis. Jadinya males mau cari," kata Fitri.

Hingga akhir pekan kemarin, Fitri mendaftar secara daring pelaksanaan vaksinasi Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokes) Polda Lampung dan berhasil mendapat nomor antrean.

"Alhamdulillah, dapat nomor antrean dan dapat vaksin. Kalau di puskesmas masih kosong, Mas," kata Fitri.


Kapolda Lampung, Inspektur Jenderal (Irjen) Hendro Sugiatno membenarkan, vaksinasi ini menjadi salah satu syarat perjalanan untuk ke luar daerah.

Sejumlah penyelenggara perjalanan, seperti maskapai, kereta api hingga pelabuhan pun sudah memberlakukan vaksinasi sebagai syarat perjalanan.

"Minimal vaksin pertama, ini jadi salah satu persyaratan bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan ke luar daerah," kata Hendro.

Pada pelaksanaan vaksinasi keliling di El's Coffee ini sendiri, Hendro mengatakan, Polda Lampung menyediakan sekitar 500 dosis vaksin.

"Ini sebagian besar yang sudah mendaftar secara online akhir pekan kemarin. Alasannya untuk menghindari kerumunan," kata Hendro.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/02/122350278/warga-ada-surat-bebas-covid-19-tapi-belum-vaksinasi-batal-berangkat-ke-luar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke