Salin Artikel

Kasus Covid-19 Mamasa Meningkat 250 Persen, Didominasi Klaster Pernikahan dan Upacara Kematian

MAMUJU, KOMPAS.com - Kasus Covid-19 di Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar), meningkat signifikan sejak memasuki bulan Juli 2021.

Berdasarkan data Satgas Covid-19 Sulbar hingga tanggal 29 Juli 2021 tercatat kasus Covid-19 ada 834.

Kasus meningkat sekitar 250 persen, mengingat pada Juni lalu tercatat 184 kasus.

Humas Satgas Penanganan Covid-19 Mamasa, Demmaelo mengatakan, penambahan drastis ini menjadi perhatian serius pemerintah setempat.

Bahkan, Bupati Mamasa Ramlan Badawi telah melakukan rapat terbatas bersama para stakeholder untuk mengantisipasi lonjakan kasus yang berada di daerah seluas 3.006 kilometer persegi ini.

"Kita sudah rapat di tiga wilayah. Hasilnya kami gencar lakukan sosialisasi PPKM level 3 sesuai arahan Mendagri Nomor 26," kata Demmaelo saat dihubungi Kompas.com, Jumat (30/7/2021).

Demmaelo mengatakan, lonjakan kasus Covid-19 di Mamasa didominasi klaster pernikahan dan upacara kematian adat Mamasa.

Untuk itu, Demmaelo meminta pemerintah daerah tegas melarang resepsi pernikahan dan upacara kematian yang digelar masyarakat Mamasa.

"Sehingga jika ada yang meninggal itu diberi waktu paling lama dua malam untuk dikubur. Di level 3 ini, syukuran, upacara pernikahan, rapat pertemuan tidak diperkenankan," ucap Demmaelo.

Untuk jenis varian virus Covid-19 yang menyebar di Mamasa, Demmaelo belum bisa memastikan apakah varian delta atau delta plus.

"Jadi belum ada laporan, masih seperti yang dulu (jenis virusnya)," ungkap Demmaelo.

Terkait dengan seorang warga yang meninggal saat isolasi mandiri (isoman), Demmaelo menyebut bahwa warga tersebut sebenarnya memiliki gejala berat.

Pasien sebelumnya sempat dirawat di Puskesmas Mambi. Tim medis menyampaikan bahwa pasien harus dirujuk di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Mamasa.

"Tapi mereka tidak mau untuk dirujuk dan akhirnya dia bertahan di Puskesmas Mambi dan akhirnya meminta pulang ke rumahnya dan setelah di rumahnya dia meninggal," tandas Demmaelo.

Dari data resmi Tim Satgas Covid-19 Sulbar, kasus Covid-19 di provinsi Sulbar sendiri kini mencapai angka 8.079 kasus dengan jumlah pasien yang dirawat sebanyak 75 orang.

Sementara itu, ada 1.313 pasien sedang melakukan isolasi mandiri, sementara hingga hari ini tercatat 161 pasien meninggal dunia.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/30/160055478/kasus-covid-19-mamasa-meningkat-250-persen-didominasi-klaster-pernikahan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke