Salin Artikel

Alumni SMP di Pasuruan Bentuk Satgas Bantu Pasien Isoman, Sediakan Ambulans hingga Oksigen

Mereka mendistribusikan obat-obatan, vitamin, makanan, hingga bantuan oksigen bagi penderita Covid-19 yang membutuhkan.

Para alumni yang mengatasnamakan Tim Relawan Satgas Covid-19 Sobatku 87 itu untuk sementara membantu warga isoman di wilayah Pasuruan.

Rencananya, relawan itu juga akan memperluas cakupannya ke Malang.

Staf Ahli Kapolri Irjen Pol Teddy Minahasa, yang merupakan salah satu alumni di sekolah itu mengatakan, tim itu dibentuk atas dasar keprihatinannya kepada warga yang harus menjalani isolasi mandiri akibat terinfeksi Covid-19.

Teddy mengaku menyaksikan sendiri kesulitan penderita Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di Jakarta.

Karena itu, pihaknya mengajak teman sekolahnya semasa SMP untuk membentuk satgas yang fokus pada penanganan pasien yang Isoman.

"Bagaimana kondisi orang-orang yang tinggal di kota kecil seperti Pasuruan, Malang, dan sekitarnya, pasti lebih sulit. Karena Jakarta yang begitu serba ada saja ternyata pasien Covid-19 kesulitan mendapatkan penanganan medis," katanya melalui keterangan tertulis, Kamis (29/7/2021).


Saat ini ada 17 pasien Covid-19 yang ditanganinya. Sebagian sudah membaik dan sebagian lainnya sudah dinyatakan sembuh.

"Alhamdulillah dari 17 orang pasien sampai hari ini mengalami kondisi yang membaik dan sudah banyak juga yang dinyatakan sembuh atau negatif," katanya.

Satgas tersebut juga menyediakan mobil operasional, ambulans, tabung oksigen, nebulizer, alat ukur saturasi dan alat ukur suhu tubuh yang dimanfaatkan untuk membantu pasien yang isoman.

Mereka juga mendistribusikan obat-obatan, vitamin dan makanan siap saji untuk pasien isolasi mandiri.

"Semua jenis obat-obatan dan vitamin serta nutrisi yang berhubungan dengan Covid-19 telah disediakan oleh satgas ini sehingga dapat memberikan bantuan medis kepada kawan-kawan alumni yang terpapar oleh Covid-19," jelasnya.

Teddy berharap, akan muncul kelompok-kelompok relawan lainnya yang dapat membantu dan mempermudah pasien Covid-19 menjalani isolasi mandiri.

"Harapan saya semoga relawan-relawan lain bermunculan setelah ini untuk membantu sesama anak bangsa dalam menanggulangi pandemi covid-19 ini. Relawan-relawan semestinya hadir dalam kondisi seperti ini untuk membantu pemerintah dalam menjaga keselamatan bangsa, bukan marak ketika Pemilu dan Pilkada saja," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/29/162536578/alumni-smp-di-pasuruan-bentuk-satgas-bantu-pasien-isoman-sediakan-ambulans

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke