Salin Artikel

Rektor Universitas Muhammadiyah Lamongan Wafat 24 Hari Setelah Sang Istri Meninggal

Wakil Rektor II Unmuh Lamongan Alifin mengatakan, almarhum memang sempat menjalani perawatan di RSML lantaran terpapar Covid-19.

Setelah menjalani perawatan intensif, almarhum kemudian dinyatakan sudah terbebas dari paparan Covid-19.

"Di RS Muhammadiyah Lamongan. Awal masuk ya terpapar, tapi karena sudah dirawat sekian hari, masa kritis Covid-nya sudah terlewati," ujar Alifin saat dihubungi, Kamis (29/7/2021).

Meski demikian, takdir berkata lain. Budi yang menjabat Rektor Unmuh Lamongan tersebut justru menghembuskan napas terakhir setelah menjalani masa perawatan sekitar 20 hari di RSML.

Alfin mengatakan, merujuk hasil tes yang dikeluarkan oleh pihak rumah sakit, Budi telah dinyatakan negatif Covid-19.

"Menjelang wafat, dites swab PCR sudah negatif. Jadi perawatan jenazah dan pemakamannya tidak prokes (dimakamkan biasa pada umumnya)," ucap Alifin.

Alifin juga menyebutkan, meninggalnya Budi tidak akan mempengaruhi civitas akademika di Unmuh Lamongan lantaran sudah ada pembagian tugas dari masing-masing pejabat dan pegawai. 

"Pak Budi sebagai Rektor, punya wakil rektor (1, 2 dan 3). Masing-masing wakil rektor sudah punya tupoksi (tugas pokok dan fungsi) yang sudah ditentukan," kata Alifin yang menjabat sebagai Wakil Rektor II Unmuh Lamongan.


Istri meninggal Covid-19

Sebelum Budi Utomo wafat di RSML Selasa lalu, istrinya lebih dulu meninggal dunia karena terpapar Covid-19.

Suwarti, istri Budi Utomo sudah meninggal dunia 24 hari sebelum Budi Utomo mengembuskan napas terakhir.

"Istrinya juga sempat dirawat di Rumah Sakit Muhammadiyah, sebelum akhirnya meninggal dunia karena terpapar Covid-19," tutur ketua Majelis Pembina Kesehatan Umat (MPKU) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Lamongan, Abdul Manaf.

Budi terlahir di Kecamatan Kedungpring, Lamongan, pada 16 Agustus 1952.

Sebelum meninggal dunia, almarhum tengah menyelesaikan disertasinya di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Selain sebagai rektor di Unmuh Lamongan, almarhum juga menjabat sebagai Wakil Ketua MPKU Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/29/123629378/rektor-universitas-muhammadiyah-lamongan-wafat-24-hari-setelah-sang-istri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke