Salin Artikel

Sempat Ada Keluhan dari RS, Wali Kota Semarang Klaim Stok Oksigen Aman

Menurutnya, tingkat kebutuhan oksigen di wilayah yang dipimpinnya ini sudah jauh berkurang seiring tingkat keterisian tempat tidur isolasi baik terpusat maupun rumah sakit.

"Oksigen semuanya oke, hari ini sedulur - sedulur yang menjalani karantina juga tidak menemukan ada permasalahan berarti terkait dengan oksigen," jelasnya dalam keterangan tertulis, Rabu (28/7/2021).

Wali Kota yang akrab disapa Hendi ini menyebutkan, bed occupancy rate (BOR) ruang isolasi terpusat sebesar 28 persen.

Sedangkan BOR tempat tidur di ruang isolasi rumah sakit sekitar 57 persen.

"Jadi kebutuhannya juga sudah sangat jauh menurun," katanya.

Kendati demikian, Hendi tak menampik jika sebelumnya memang sempat ada keluhan dari sejumlah rumah sakit terkait oksigen.

Namun, Pemerintah Kota Semarang telah mengintegrasikan stok oksigen dari seluruh rumah sakit sehingga antar rumah sakit dapat saling meminjam bila terjadi kekurangan stok.

"Kalau di Semarang ya rumah sakit pernah mengeluh tapi tidak menjadi persoalan, karena kami menerapkan sebuah sistem yang kemudian antar rumah sakit bisa saling pinjam. Jadi yang suplainya banyak meminjami rumah sakit yang hari itu habis, sehingga alhamdulillah hari ini semuanya berjalan baik," ungkapnya.


Dalam kesempatan itu, Hendi meninjau proses pengisian tabung oksigen oleh KRI Dr. Suharso di Pelabuhan Tanjung Mas.

Hendi berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah berupaya mendukung Kota Semarang.

Hal ini tak terlepas dari peran Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, juga TNI AL dengan mengirimkan KRI Dr. Suharso yang aktif mengisi tabung - tabung oksigen kosong.

"Langkah strategis pendistribusian oksigen dikelola secara baik oleh Pak Menteri Kesehatan di tingkat pusat dan Pak Gubernur di tingkat Jawa Tengah. Juga kami ucapkan terima kasih kepada keluarga besar TNI AL, khususnya pak Danlanal yang telah memberikan solusi atas kebutuhan oksigen di Kota Semarang," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/28/201755578/sempat-ada-keluhan-dari-rs-wali-kota-semarang-klaim-stok-oksigen-aman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke