Salin Artikel

4 Wilayah di Sumsel Perpanjang PPKM Level 4 hingga 8 Agustus

Empat wilayah tersebut yakni Kota Palembang, Lubuk Linggau, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dan Musirawas.

Dengan ditetapkannya empat wilayah itu sebagai daerah level empat, maka PPKM Level 3 yang semula berakhir pada 25 Juli, kini diperpanjang sampai 8 Agustus 2021 besok.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengatakan, keputusan PPKM level 4 itu dikeluarkan berdasarkan hasil rapat bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian 

Hasil rapat tersebut menyebutkan jika Sumatera Selatan masuk dalam 21 provinsi yang beberapa wilayahnya masuk dalam PPKM level 4.

"Perlu saya ingat tentang penentuan level ini antara lain yakni transmisi yang pertama, kedua respons. Respons ada dua, respons pemerintah dan respons masyarakat. Tracing juga, testing dan BOR rumah sakit," kata Herman usai menggelar rapat virtual di kantornya, Sabtu (24/7/2021).

Herman menjelaskan, meski PPKM level empat berlaku sampai 8 Agustus, seluruh peraturan yang semula diambil alih oleh pemerintah pusat kini telah diserahkan ke daerah masing-masing, sehingga beberapa kebijakan akan bersifat fleksibel.

"Namun ada kabar gembira, beberapa peraturannya diserahkan ke pemda. Jadi tentang tata tertib di pasar tradisional, warung, lapak di serahkan pemkab dan pemkot untuk mengaturnya, kita tunggu dulu teleg (telegram) dari Mendagri untuk lebih rincinya lagi, apakah tetap di Pemkot dan Pemkab, atau kembali ke Gubernur, karena ini lebih dari satu,"ujarnya.


Siapkan RS darurat

Diungkapkan Herman, melonjaknya kasus Covid-19 di Sumatera Selatan ini akibat masuknya virus Covid-19 varian Delta di Kabupaten Musi Banyuasin. 

Saat ini, pemerintah provinsi Sumatera Selatan pun sudah menyiapkan sebanyak tiga tower wisma atlet Jakabaring Palembang serta asrama haji sebagai tempat isolasi.

"Bahkan jika BOR di luar batas, wisma atlet akan dijadikan rumah sakit darurat,"ujar herman.

Terkait permintaan Mendagri Tito Karnavian untuk memperluas pemeriksaan sampel Covid-19 sebanyak 2.967 orang per hari, Herman mengaku saat ini jumlah testing tersebut telah berlangsung. 

"Testing akan diperluas. Kita bersyukur saat ini sudah banyak masyarakat yang sadar untuk memeriksakan dirinya. Testing yang tinggi inilah menyebabkan kasus Sumsel naik,"jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/24/160127278/4-wilayah-di-sumsel-perpanjang-ppkm-level-4-hingga-8-agustus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke