Salin Artikel

WNA Rusia Positif Covid-19 Tolak Isoman, Malah Beraktivitas Tanpa Masker, Kini Dideportasi

Terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan tes usap PCR pada Minggu (4/7/2021), WNA berinisial AN (32) itu justru menolak menjalani isolasi mandiri (isoman).

Dia tetap beraktivitas menemui banyak orang dan tidak menggunakan masker.

Akhirnya petugas Satpol PP Kabupaten Badung menjemput paksa AN di sebuah vila yang berada di kawasan Canggu, Kuta Utara.

AN diisolasi di Hotel Ibis, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung yang merupakan pusat isolasi Pemprov Bali. Dia kemudian dideportasi.

Tunggu sembuh lalu dideportasi

Kakanwil Kemenkumham Bali, Jamaruli Manihuruk membenarkan adanya kejadian tersebut.

"Yang bersangkutan menolak untuk melaksanakan isolasi mandiri dan dengan sengaja tetap melakukan aktivitas, bertemu dengan banyak orang tanpa menggunakan masker," kata Jamaruli dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (22/7/2021).

Pihak Imigrasi juga telah menahan paspor AN yang tiba di Indonesia lima bulan lalu.

"Sedangkan paspornya ditahan di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai. Yang bersangkutan masuk Indonesia pada Februari 2020 dengan izin tinggal kunjungan berlaku hingga 10 Juli 2021 dan telah memiliki e-Visa yang berlaku hingga 6 Agustus 2021," kata dia.


Usai hasil tes PCR-nya dinyatakan negatif, AN diperiksa Imigrasi dan akhirnya dideportasi ke negara asalnya.

Dari Bali, dia diterbangkan menuju Bandara Soekarno-Hatta menggunakan maskapai Citilink QG-691 pada Rabu (21/7/2021) pukul 14.40 Wita.

"Selanjutnya dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta menuju Moskow, Rusia dengan penerbangan Turkish Airlines pada pukul 21.05 WIB," tuturnya.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Bali, Ach. Fawaidi | Editor: Dheri Agriesta)

https://regional.kompas.com/read/2021/07/22/170527478/wna-rusia-positif-covid-19-tolak-isoman-malah-beraktivitas-tanpa-masker

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke