Salin Artikel

Bidan Rusmini Gugur Setelah 5 Hari Berjuang Melawan Covid-19

Bidan bernama Rusmini yang bertugas di Puskesmas Mejayan itu meninggal setelah dirawat lima hari di RSUD Caruban Madiun.

Bupati Madiun, Ahmad Dawami menyatakan, bidan itu merupakan nakes pertama yang meninggal akibat Covid-19 di Kabupaten Madiun.

“Almarhumah merupakan nakes pertama di Madiun yang meninggal dunia akibat Covid-19. Semoga almarhumah husnul khotimah," ujar Kaji Mbing sapaan akrab Ahmad Dawami saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (22/7/2021).

Menurut Kaji Mbing, Rusmini dirawat intensif di RSUD Caruban setelah dinyatakan positif Covid-19 pada Jumat (16/7/2021).

Setelah enam hari dirawat, Rusmini meninggal tadi malam sekitar pukul 19.30 WIB.

Sebelum dimakamkan, Kaji Mbing memimpin shalat jenazah diikuti beberapa nakes lainnya.

Terhadap kejadian itu, Kaji Mbing meminta warga bumi kampung pesilat makin ketat menerapkan protokol kesehatan.

Apalagi, saat ini Kabupaten Madiun masih berada zona merah atau risiko penularan yang tinggi.

“Saya minta seluruh warga untuk tidak meremehkan Covid-19. Mari kita semua disiplin berprotokol kesehatan,” pinta Kaji Mbing.


Sebelumnya, Kaji Mbing menyatakan banyaknya masyarakat yang percaya hoaks tentang Covid-19 berujung pada peningkatan jumlah kasus positif di Madiun.

Tak hanya jumlah kasus positif Covid-19, warga Kabupaten Madiun yang meninggal lantaran corona makin banyak bertambah angkanya.

“Hoaks dan pernyataan yang kendorkan prokes sampai hari ini bagitu kuat meskipun korban banyak berjatuhan. Pasalnya ketika masyarakat percaya pada hoaks Covid-19 ujungnya peningkatan terpaparnya covid-19 dan hingga terakhirnya sampai kematian,” kata Kaji Mbing saat memberikan sambutan Hari Jadi Kabupaten Madiun ke-453, Minggu (18/7/2021).

Tingginya jumlah penambahan kasus positif covid-19 di Kabupaten Madiun juga terlihat dari data yang dilansir Pemkab Madiun dalam tiga hari terakhir.

Jumlah penambahan kasus positif covid-19 di bumi kampung pesilat selama tiga hari sebanyak 346 orang.

Sementara total kasus positif Covid-19 di Kabupaten Madiun hingga kemarin sebanyak 5.588 orang. Dari jumlah itu, 489 pasien aktif, 4.745 dinyatakan sembuh, dan 354 meninggal dunia

https://regional.kompas.com/read/2021/07/22/131054178/bidan-rusmini-gugur-setelah-5-hari-berjuang-melawan-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke