Salin Artikel

Hari Ini, Warga Sumut Mulai Terima Bansos 10 Kg Beras, Diantar Langsung oleh PT Pos

Bansos tersebut berupa 10 kg beras untuk setiap keluarga penerima manfaat (KPM). "Jadi ini secara nasional. Secara khusus untuk Sumut ada sekitar 952.000-an KPM," kata Kepala Bulog Sumut, Arif Mandu usai bertemu Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di rumah dinasnya, Rabu (21/7/2021).

Adapun daftar KPM yang menerima bantuan tambahan di tengah pandemi Covid-19 itu mengacu pada data yang diberikan Kementerian Sosial. Secara khusus, diambil dari penerima BST dan PKH.

"Bantuan ini hanya diberikan sekali, untuk setiap keluarga penerima manfaat," ungkap Arif.

Untuk memperlancar penyeluran bantuan, pemerintah Pusat juga telah menunjuk PT Pos sebagai transporter.

PT Pos akan mengambil beras dari gudang Bulog, kemudian menyalurkan langsung ke rumah-rumah penerima bantuan.

Bulog juga berkoordinasi dengan Pemprov, pemkab/pemkot setempat, BPKP, hingga Satgas Pangan untuk memastikan proses penyaluran itu berjalan aman.

Adapun proses penyaluran bantuan ini akan dimulai besok. Setidaknya dalam dua atau tiga hari ke depan, masyarakat sudah bisa menerima bantuan ini.

PT Pos yang kebagian tugas untuk mendistribusikan bantuan itu kini tengah menyusun jadwal. Mereka diberi waktu hingga 30 hari ke depan untuk merampungkan proses distribusi beras itu hingga ke tangan masing-masing KPM.

"Tapi kami harapkan sebelum 30 hari sudah selesai," kata Kepala PT Pos Regional Sumut-Aceh, Dino Ariyadi.

Secara teknis, Dino menyebut proses dan mekanisme penyaluran bantuan tersebut tak akan mengalami kendala berarti. Sebab, saat ini pihaknya tengah menyalurkan BST. Adapun database penerima bantuan 10 kg beras ini sebagian besar diambil dari data penerima manfaat BST dan PKH.

"Besok akan dikoordinasikan oleh Gubernur, sekaligus meluncurkan penyaluran ini," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/21/115124478/hari-ini-warga-sumut-mulai-terima-bansos-10-kg-beras-diantar-langsung-oleh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke