Salin Artikel

Daftar Lokasi Fasilitas Isolasi Mandiri dan Persyaratannya di Bangka Belitung

Keterisian fasilitas tersebut selalu berfluktuatif tergantung jumlah pasien yang masuk dan dinyatakan sembuh atau selesai isolasi.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Bangka Belitung Andi Budi Prayitno mengatakan, pengadaan fasilitas isolasi mandiri sejalan dengan Surat Edaran Gubernur Nomor 412/0408/DINSOSPMD tentang pencegahan penularan Covid-19.

"Ini menindaklanjuti ketentuan dari pemerintah pusat, salah satunya meningkatkan kapasitas isolasi mandiri," kata Andi kepada awak media, Rabu (21/7/2021).

Saat ini tercatat delapan fasilitas isolasi mandiri yang bisa digunakan masyarakat umum maupun pegawai pemerintah.

Fasilitas tersebut yakni Mess Anggrek dan Mess Melati di Bangka dengan kapasitas masing-masing 24 dan 16 kamar.

Kemudian ada wisma isolasi Bangka Tengah (26 kamar), wisma Bangka Selatan (15 kamar) dan wisma Bangka Barat (12 tempat tidur).

"Untuk setiap kamar biasanya ada dua bed jadi jumlah penghuninya dikali dua," ujar Andi.

Selain fasilitas tersebut, juga ada Balai latihan kerja Disnakerprov, Mess Pusdiklat, Mess Zircon Polres Bangka dan Wisma Karantina Pusmet Muntok.

Empat fasilitas tersebut saat ini digunakan sebagai tempat isolasi mandiri pasien dari kalangan pegawai dan personel kepolisian.

Tempat karantina juga tersedia di rumah sakit seperti RSBT, RSUD Marsidi Juwono Belitung dan Instalasi Khusus Karantina RSUD Soekarno.

Kemudian ada sejumlah penginapan kelas melati seperti Jati Wisata Pangkalpinang yang menyediakan fasilitas isolasi mandiri.


Sementara dua gedung pemerintah lainnya seperti wisma BKPSDMD provinsi dan wisma haji disiapkan sebagai cadangan jika terjadi lonjakan kasus yang signifikan.

Masyarakat umum yang ingin isolasi mandiri di fasilitas yang disediakan harus mengantongi rekomendasi dari Puskesmas atau Satgas Covid setiap kelurahan.

Direktur RSUD Soekarno Armayani Rusli mengatakan, isolasi mandiri bisa dilakukan untuk pasien tanpa gejala atau gejala ringan.

Untuk itu pasien hanya perlu menjaga kebugaran dengan olahraga ringan, berjemur dan mengonsumsi makanan bergizi.

Ada pun angka Covid-19 di Kepulauan Bangka Belitung hingga 20 Juli 2021 tercatat sebanyak 27.335 kasus.

Rinciannya, 22.941 dinyatakan sembuh atau selesai isolasi, 3.910 dalam perawatan atau isolasi, dan 484 dilaporkan meninggal dunia.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/21/094857678/daftar-lokasi-fasilitas-isolasi-mandiri-dan-persyaratannya-di-bangka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke