Salin Artikel

Pemkot Serang Tak Sanggup Siapkan Tempat Isoman Pasien Covid-19, Ini Alasannya

SERANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Serang, Banten tak memiliki anggaran untuk membiayai operasional rumah isolasi mandiri terkonsentrasi bagi pasien Covid-19.

Pemkot Serang saat ini sudah memiliki fasilitas dan sarana memadai di rumah susun sewa sederhana (rusunawa) Margaluyu, Kecamatan Kasemen, Kota Serang.

"Kalau kita mengelola rusunawa sebagai tempat isolasi mandiri tentunya segala fasilitas kesehatan harus dipersiapkan. Sementara di Kota Serang menyiapkan sampai dua gedung itu ada keterbatasan anggaran, tidak mencukupi," kata Wali Kota Serang, Syafrudin kepada wartawan usai mengikuti rapat evaluasi PPKM Darurat, Senin (19/7/2021).

Sehingga, Pemkot Serang meminta bantuan kepada Pemkab Serang dan Pemprov Banten untuk bersama-sama menyiapkan rusunawa sebagai tempat isolasi.

"Kita sudah diminta Provinsi untuk menyiapkan tempat isolasi di rusunawa. Namun provinsi belum ada berita kelanjutannya. Jadi masih menunggu keinginan provinsi, karena provinsi akan menyiapkan (aggarannya)," jelas Syafrudin.


Terkait rencana dua gedung sekolah di dekat rumah sakit menjadi tempat isolasi yakni SMPN 2 Kota Serang dan SDN Penancangan 4 dipastikan batal.

Pembatalan karena ada penolakan dari alumni dan fasilitasnya pun tidak memadai.

"Ternyata memang ada yang tidak terima, terutama dari alumni. Sudah banyak surat yang masuk menyatakan kami (alumni) keberatan (sekolah) ditempati isolasi mandiri," kata Syafrudin.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Serang, M Ikbal mengatakan, Rusunawa Margaluyu sempat dijadikan tempat isolasi mandiri bagi pasien Covid-19 katagori ringan dan sedang pada Desember 2020.

Namun, pada 5 Januari 2021 Pemkot Serang memutuskan untuk menutup rusunawa sebagai tempat isolasi karena anggaran sudah habis.

Ikbal pun memastikan Rusunawa Margaluyu sudah siap dari segi fasilitas dan sarana sebagai tempat isolasi terkonsentrasi.

"Rusunawa Margaluyu ada 4 lantai dengan 70 tempat tidur. Ada kamar-kamar disana sudah tersedia tempat tidur, TV, AC," kata Ikbal.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/19/223427078/pemkot-serang-tak-sanggup-siapkan-tempat-isoman-pasien-covid-19-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke