Salin Artikel

Datangi Posko Pencarian, Seorang Pemuda Mengaku ABK Korban Badai di Laut Kalbar

Dia adalah Nicolaus B, satu di antara awak Kapal Motor (KM) Kenangan Usaha yang dilaporkan tenggelam di perairan arah selatan Pulau Datok, Kabupaten Mempawah, Kalbar, Selasa (13/7/2021).

“Barusan Nicolaus datang ke posko, dia lapor kalau selamat. Dia terlihat sehat,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pontianak Yopi Haryadi saat dihubungi, Senin siang.

Berdasarkan cerita Nicolaus, dia diselamatkan ketika terombang-ambing di laut oleh kapal nelayan, pada Kamis (15/7/2021).

“Sayangnya, dia lupa kronologi dan lupa daerah mana dia diselamatkan,” ujar Yopi.

Setelah pemulihan kesehatan selama beberapa hari, dia baru pulang ke kampung halamannya di Kecamatan Batang Tarang, Kabupaten Sanggau, Kalbar, Minggu (18/7/2021) kemarin.

“Lalu hari ini dia datang sendiri ke posko,” ujar Yopi.

KM Kenangan Usaha merupakan kapal ikan dengan GT28. Posisi terakhir, kapal ini berada di arah selatan Pulau Datok, Kabupaten Mempawah.

Dari 10 awak KM Kenangan Usaha, empat orang berhasil selamat, empat masih dalam pencarian dan dua ditemukan meninggal dunia.

Berdasarkan data Tim Pencarian dan Penyelamatan Gabungan, hingga Minggu (18/7/2021) pukul 18.00 WIB, total ada 18 kapal yang menjadi korban cuaca ekstrem yang melanda Kalbar, pada Selasa kemarin.


Sebanyak 18 kapal terdiri dari 13 kapal motor nelayan, dua kapal tunda atau tugboat, satu kapal pemancing, satu kapal layar dan satu kapal tongkang.

Kemudian, ada terdapat 138 awak. Sebanyak 81 orang berhasil selamat, 15 orang meninggal dunia, dan 42 orang masih dalam proses pencarian.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan Pontianak Eryk Subarianto mengatakan, dari informasi yang didapat dari kapal Pertamina, saat kejadian tinggi ombak mencapai 4-5 meter.

“Dari informasi yang diterima, ketika itu cuaca di laut sangat buruk. Gelombang mencapai 4 hingga 5 meter,” Eryk saat dihubungi, Jumat (16/7/2021).

Eryk menjelaskan, ada belasan kapal yang dilaporkan hilang dalam waktu bersamaan akibat cuaca ekstrem. Kapal-kapal tersebut tenggelam di sejumlah lokasi di perairan Kalbar.

Di antaranya di perairan Kabupaten Sambas, Kabupaten Kubu Raya dan perairan Muara Jungkat, Kabupaten Mempawah.

Menurut Eryk, pencarian sempat terkendala dengan adanya cuaca ekstrem. Meski demikian pencarian terus dilakukan.

Pihaknya melakukan pencarian pada luas area mencapai 492 nautical mile dan dibagi ke dalam dua sektor.

“Semoga hari ini cuaca mendukung dan korban segera ditemukan dengan dukungan dan kerja sama yang baik dari seluruh unsur maritim di Kalimantan Barat,” jelas Eryk.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/19/133356178/datangi-posko-pencarian-seorang-pemuda-mengaku-abk-korban-badai-di-laut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke