Salin Artikel

Polisi Mulai Selidiki Sebab Ambruknya Jembatan di Pelabuhan Internasional Kijing

“Tim Polda Kalbar sedang mengumpulkan bahan dan keterangan (pulbaket) dari peristiwa tersebut,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Kalbar Kombes Pol Donny Charles Go saat dihubungi Kompas.com, Jumat (16/7/2021).

Sementara penyelidikan berlangsung, evakuasi pekerja pelabuhan yang terjebak terus berlangsung.

Kepolisian Resor Mempawah ikut terlibat dalam penyelamatan orang dan barang dari Pelabuhan Kijing.

Sebagai informasi, Pelabuhan Internasional Kijing, Kabupaten Mempawah, putus pada Rabu (14/7/2021) dini hari.

Berdasarkan analisis sementara kepolisian, ambruknya jembatan diakibatkan kerasnya hantaman ombak sehingga tiang pancang menjadi goyang dan retak.

Namun, menurut Manajer Kontruksi PT Wijaya Karya (Wika) Samsu, dua titik jembatan ambruk karena tertabrak tongkang yang tak terkendali akibat cuaca buruk.

“Kejadiannya sekitar pukul 02.00 WIB. Angin kencang di atas 35 knot, ada tongkang kami terangkat jadi akibatnya sebagian menabrak jembatan,” kata Samsu kepada wartawan, Rabu siang.

Sementara Kasat Reskrim Polres Mempawah AKP Muhamad Resky Rizal mengakui, berdasarkan informasi yang didapat, ambruknya jembatan itu ditabrak tongkang.

“Kita coba gali dan dalami kembali terkait penyebabnya dari berbagai sumber,” terang Rizal.

Rizal menyebut, sebanyak 105 pekerja yang terjebak di dermaga tengah laut Pelabuhan Internasional Kijing sudah berhasil dievakuasi.


Namun demikian, lanjur Rizal, belum semua pekerja tersebut berlabuh di daratan. Sebagian masih di kapal-kapal yang mengevakuasi.

“Sebagian besar sudah di daratan. Sisanya masih di kapal. Karena cuaca masih ekstrim jadi masih kesulitan merapat,” terang Rizal.

Kapolres Mempawah AKBP Fauzan Sukmawansyah mengatakan, tidak ada laporan korban jiwa akibat peristiwa tersebut.

Fauzan menjelaskan, terdapat 2 titik jembatan ambruk atau putus. Satu titik sepanjang 50 meter dan satu titik lain sepanjang 100 meter.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/16/150708078/polisi-mulai-selidiki-sebab-ambruknya-jembatan-di-pelabuhan-internasional

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke