Salin Artikel

Pilih Dipenjara daripada Bayar Denda PPKM, Asep: Kaget, Saya Pikir Ditahan di Mapolsek, tapi Saya Siap

Asep mengatakan, dia mengira akan ditahan di penjara mapolsek atau mapolres.

Namun, ternyata petugas dari Kejaksaan Negeri Kota Tasikmalaya pada Kamis (15/7/2021) mengeksekusinya ke  Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Tasikmalaya.

"Saya kaget, ya kaget. Saya kira ditahannya di mapolsek atau mapolres, tapi ternyata saya ditahannya di lapas. Tapi saya siap," jelas Asep kepada wartawan saat hendak memasuki gerbang besi Lapas, Kamis siang.

Selain dipenjara, dia harus rela kepala dipelontos serta satu sel tahanan dengan narapidana kasus berat yang sedang menjalani hukuman di lapas itu.

Alasan dijebloskan ke lapas

Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Kota Tasikmalaya, Sidiq mengatakan, sesuai aturan, jika seseorang sudah divonis bersalah di persidangan, maka akan dijebloskan ke lapas.


Hal itu juga berlaku terhadap Asep meski dia melakukan tindak pidana ringan.

"Awalnya kan mau ditahan di Polsek atau Polres. Namun, aturan menyebutkan kalau sudah vonis persidangan wajib menjalaninya di Lapas Tasikmalaya. Masuk hari ini, berarti Sabtu besok sudah keluar lagi," ujar dia.

Ayah bangga

Ayah Asep, Agus mengaku sempat meminta anaknya untuk memilih membayar denda. Namun, Asep kekeh untuk dipenjara selama tiga hari.

Meski sedih, Agus tetap bangga dengan keputusan anakanya.

"Saya bangga dengan keputusan anak saya. Meski sebetulnya kalau untuk bayar denda Rp 5 juta saya langsung bisa sediakan saat ini juga. Tapi, saya mendukung keinginan anak saya yang lebih memilih kurungan penjara daripada bayar dendanya," jelas Agus. (Penulis Kontributor Tasikmalaya, Irwan Nugraha)

https://regional.kompas.com/read/2021/07/16/061032878/pilih-dipenjara-daripada-bayar-denda-ppkm-asep-kagetsaya-pikir-ditahan-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke