Salin Artikel

Penurunan Mobilitas di Salatiga Diklaim Tertinggi Se-Jawa dan Bali

Persentase penurunan di Salatiga sejak 3 Juli 2021 mencapai 23,98 persen.

Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat mengatakan indikator penilaian tersebut berdasar Google Traffic mengukur aktivitas dan lalu lintas masyarakat, Prospera Nightlight mengukur aktivitas dan pergerakan masyarakat pada malam hari melalui intensitas cahaya, dan Facebook Mobility mengukur aktivitas dan pergerakan penggunanya berdasarkan lokasi GPS dan jaringan telekomunikasi.

"Pencapaian tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan," jelasnya, Kamis (15/7/2021).

Rahmad mengatakan penurunan mobilitas tersebut berdampak juga terhadap penurunan penyebaran Covid-19.

"Kita melakukan penyekatan di akses masuk Salatiga, di Blotongan, Kecandran, dan Tingkir. Selain itu ada juga gerakan Salatiga Di Rumah Saja," paparnya.

Dia optimistis, dengan adanya penutupan pintu exit tol di seluruh Jawa Tengah mulai 16-22 Juli 2021 akan mampu menurunkan mobilitas warga hingga 30 persen.

"Tapi kita berusaha dan kerja keras agar bisa mencapai 50 persen penurunan mobilitasnya. Nanti setelahnya kita evaluasi pasca PPKM Darurat 20 Juli ini," kata Rahmad.

Menurutnya, saat ini juga dilakukan sosialisasi terhadap kebijakan penyekatan akses dan penutupan pintu keluar tol.

"Saya kira masyarakat bisa memahami dan mengerti karena tujuan ini adalah untuk menekan penyebaran Covid-19," kata Rahmad.


Sementara Wali Kota Salatiga Yuliyanto memberi apresiasi kepada masyarakat yang mematuhi aturan PPKM.

"Pembatasan ini juga bertujuan menyelamatkan kesehatan masyarakat. Tapi kita juga berpikir untuk kebangkitan ekonomi juga," ungkapnya.

Yuliyanto mengatakan "Gerakan Salatiga di Rumah Saja" juga terus dievaluasi pelaksanaannya.

"Memang ada banyak masukan terkait gerakan tersebut, kita juga jadikan sebagai pertimbangan," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/15/142218878/penurunan-mobilitas-di-salatiga-diklaim-tertinggi-se-jawa-dan-bali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke