Salin Artikel

Gara-gara Kasus Covid-19 Tinggi, Ini 2 Kecamatan di Medan yang akan Terapkan Isolasi Lingkungan

MEDAN, KOMPAS.com - Dua lingkungan di dua kecamatan di Medan akan diisolasi Pemerintah Kota (Pemkot) Medan akibat kasus Covid-19 di daerah itu bertahan tinggi.

Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengungkapkan, dua kecamatan yang akan diterapkan isolasi lingkungan itu yakni Kecamatan Medan Johor dan Medan Selayang.

"Kasus di sana tidak menurun, meskipun sudah kita isolasi beberapa waktu lalu," kata Bobby usai rapat koordinasi PPKM Darurat di Pos Lantas Polrestabes Medan, Rabu (14/7/2021).

Setelah berkoordinasi dengan pihak terkait, Pemkot Medan pun sepakat akan melakukan isolasi lingkungan di dua kecamatan itu dalam waktu dekat.

Hanya saja, Bobby enggan membeberkan lingkungan berapa yang akan diisolasi.

Bobby mengungkapkan, sebelumnya dua lingkungan di dua kecamatan itu telah diisolasi, bulan lalu.

Namun, setelah dilakukan isolasi selama dua pekan terakhir, angka kasus positif di dua kecamatan itu masih tetap tinggi.

Saat ini kedua kecamatan itu pun berstatus zona oranye penyebaran Covid-19.

"Sudah kita sepakati bersama Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah), karena waktunya sudah lebih dari satu bulan oranye (zona) terus, makanya nanti akan kita isolasi," ungkapnya.

Kata Bobby, dua wilayah itu menjadi penyumbang terbanyak kasus terpapar Covid-19 di Kota Medan.

Kasus di lingkungan dua kecamatan itu tidak melandai, bahkan mencapai hingga enam rumah dalam satu lingkungan.


Pihaknya menduga, tingginya angka kasus Covid-19 di dua kecamatan itu karena kesadaran untuk menerapkan protokol kesehatan (Prokes) sangat rendah.

Selain itu, mobilitas warga di sana juga cukup tinggi.

"Yang pasti ini karena kesadaran prokes rendah dan mobilitasnya tinggi. Nah ini nanti yang akan kita lakukan penegasan di lapangan, akan kita isolasi wilayah tersebut," tandasnya.

Selain isolasi lingkungan, Pemkot Medan juga akan memaksimalkan penerapan PPKM Darurat yang masih akan berlangsung hingga 20 Juli mendatang.

Bobby berharap, langkah ini bisa menekan penambahan kasus positif Covid-19 di Medan.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/14/182616778/gara-gara-kasus-covid-19-tinggi-ini-2-kecamatan-di-medan-yang-akan-terapkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke