Salin Artikel

Lampu Jalan Dipadamkan Saat PPKM Darurat, Mobilitas Warga Jateng Berkurang

SEMARANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo merespons upaya  pemadaman lampu penerangan jalan (JPU) di sejumlah daerah pada malam hari selama PPKM darurat.

Menurutnya, langkah tersebut cukup efektif mengurangi mobilitas masyarakat.

"Akan ada trend mematikan lampu-lampu pada malam hari. Mungkin itu mengurangi pergerakan dan sebagainya. Dan beberapa tempat cukup mampu mendorong masyarakat untuk tidak pergi," kata Ganjar kepada wartawan, Selasa (13/7/2021).

Kendati demikian, Ganjar mengatakan kemananan dan keselamatan warga perlu diperhatikan selama diberlakukannya pemadaman lampu jalan.

Untuk itu, Ganjar meminta agar petugas melakukan patroli untuk mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan dan kecelakaan.

"Cuma saya minta perhatian untuk dikawal, ada yang jaga agar tidak terjadi kejahatan atau kecelakaan. Itu dua hal saya minta di kabupaten/kota untuk menyiapkan segala sesuatunya," ujarnya.

Sementara itu, di Kota Semarang lampu penerangan jalan umum mulai dimatikan sejak Senin (12/7/2021) malam.

Lampu jalan yang dimatikan itu dilakukan di sejumlah ruas jalan yang arus lalu lintasnya cukup padat mulai pukul 18.00-06.00 WIB.

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Semarang menyampaikan informasi pemadaman lampu tersebut di sejumlah ruas jalan protokol mulai 12 hingga 20 Juli mendatang.

Ruas jalan itu yakni, Jalan Tentara Pelajar, Sriwijaya,  Suyudana, S. Parman, Kelud Raya,  Menoreh Raya, Durian Raya, Mulawarman Raya, Majapahit sampai Polsek Pedurungan, Supriyadi, Jalan Fatmawati, JSoekarno Hatta, Kedungmundu dari pom bensin Sambiroto sampai Fatmawati dan ruas jalan lainnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/13/184935478/lampu-jalan-dipadamkan-saat-ppkm-darurat-mobilitas-warga-jateng-berkurang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke