Salin Artikel

Petugas Pemakaman Jenazah Covid-19 di Klaten Kuburkan Peti Mati Kosong, Ini Faktanya

KOMPAS.com - Tim pemakaman jenazah Covid-19 Desa Karanglo, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, sempat menguburkan peti mati kosong pada Minggu (11/7/2021) malam.

Hal itu diketahui, setelah tim relawan pengubur jenazah Covid-19 mendapat telepon dari pihak rumah sakit bahwa peti mati yang dikubur tidak berisi jenazah.

Seharunya, peti jenazah yang diterima tersebut atas nama PW, warga Desa Karanglo yang meninggal setelah dirawat di rumah sakit di Solo karena Covid-19.

"Setelah kita makamkan malamnya itu sekitar pukul 23.30 WIB kita mendapat kabar bahwasanya peti jenazah yang kita makamkan itu kosong," kata Kepala Desa Karanglo Yudi Kusnandar, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (13/7/2021).

Kata Yudi, saat ditelepon, pihak rumah sakit memberitahu bahwa jenazah masih berada di rumah sakit.

"Jenazah masih tertinggal di rumah sakit," ungkapnya.


Yudi menyebut, miskomunikasi terjadi di internal pihak rumah sakit, bukan pada petugas yang melakukan pemakaman jenazah.

Sebab, pihaknya hanya menerima dan tidak melakukan penjemputan ke rumah sakit untuk mengambil peti mati tersebut.

"Miskomunikasi terjadi di intern rumah sakit. Perlu diketahui sebagai tim kubur cepat kami hanya menerima saja, kita kan enggak tahu (peti) itu kosong atau berisi," ujarnya, dikutip dari TribunSolo.com.

"Jadi kita hanya menerima, tidak mengambil ke rumah sakit," lanjutnya.

Lanjut Yudi, peti mati yang dikuburkan pada Minggu kemarin berukuran cukup besar dan berat sehingga pihaknya tidak mengetahui jika tidak ada isinya.

Lanjut Yudi, peti mati itu dikirim pihak rumah sakit di daerah Solo ke Desa Karanglo.

"Kita tidak mengambil (peti mati) itu, tapi diantar sama ambulans oleh pihak rumah sakit ke makam dan langsung dikubur tim," ungkapnya.


Makam dibongkar

Setelah menerima informasi itu, lanjut Yudi, keesokan harinya, Senin (12/7/2021), petugas lalu membongkarnya makam tersenbut.

"Senin paginya jam 10 kita bongkar. Kita kuburkan peti jenazah yang ada isinya," ujarnya.

Sementara itu, Camat Polanharjo, Joko Handoyo membenarkan sukarelawan pemakaman jenazah Covid-19 Desa Karanglo menguburkan peti mati kosong.

Setelah kejadian itu, pada Senin pagi peti tersebut digali kembali.

"Kemarin sudah digali lagi. Tetap digali di tempat yang sama terus peti yang ada jenazahnya datang dimakamkan di situ," kata Joko.

 

(Penulis : Kontributor Solo, Labib Zamani | Editor : Teuku Muhammad Valdy Arief, Donny Aprian)/TribunSolo.com.

Artikel ini telah tayang di TribunSolo.com dengan judul Peti Mati di Klaten Sudah Dikubur, Ternyata Kosong Tak Ada Isinya: Jenazah Masih di Rumah Sakit

https://regional.kompas.com/read/2021/07/13/171042978/petugas-pemakaman-jenazah-covid-19-di-klaten-kuburkan-peti-mati-kosong-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke