Salin Artikel

Ratusan Pasien Covid-19 Isoman karena RS Penuh, Rumah Dinas Kapolsek Jadi Tempat Isolasi

Saat ini, sebanyak 161 warga Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya, sedang menjalani isolasi mandiri. Beberapa warga yang terpapar Covid-19 itu mulai mengalami gejala dan butuh perawatan.

Namun, ruangan isolasi di puskesmas dan RSUD SMC Singaparna sebagai tempat rujukan telah dipenuhi pasien.

"Ini demi kemanuasiaan, kami ada ruangan yang bisa dijadikan ruang isolasi para warga isoman yang jadi bergejala kondisinya. Saat ini, tempat isolasi di Puskesmas Rajapolah sudah penuh dan informasinya di rumah sakit SMC sebagai tempat rujukan juga penuh," jelas Kepala Polsek Rajapolah Polresta Tasikmalaya AKP Dede Darmawan di kantornya, Sabtu (10/7/2021).

Dede menambahkan, terdapat tiga ruangan di lingkungan Polsek Rajapolah yang disulap sebagai tempat isolasi darurat. Setiap ruangan bisa menampung tiga pasien.

Semuanya dilengkapi tempat tidur khusus dan peralatan medis bagi pasien yang bergejala.

Soalnya, banyak pasien yang sebelumnya menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing mulai menunjukan gejala sehingga harus dirawat.

"Seluruh ruangan bisa menampung sembilan orang pasien bergejala gang sebelumnya isoman di rumahnya masing-masing," tambahnya.

Sebelumnya, lanjut Dede, ada beberapa warga isoman yang kebingungan saat bergejala dan tak bisa dirawat di Puskesmas maupun RSUD Rujukan SMC Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya.


Dede pun langsung mempersiapkan ruang isolasi darurat tersebut dan memindahkan warga isoman yang bergejala ke ruangan yang berada di Lingkungan Mako Polsek Rajapolah.

"Kami satgas Covid-19 kecamatan sudah berusaha mencari bangunan atau gedung untuk sementara dijadikan ruang isolasi tapi tidak ada yang mengizinkan. Akhirnya setelah meminta arahan kapolres, pasien-pasien bergejala diisolasi di sekitar lingkungan Mapolsek Rajapolah," tambah Dede.

Saat ini, ada dua pasien terkonfirmasi positif Covid-19 bergejala yang dirawat di rumah dinas dirinya.

Sementara, terdapat dua tenaga kesehatan yang memantau kondisi pasien serta yang menjaga selama 24 jam dari unsur Satgas Covid-19 Kecamatan Rajapolah.

"Sudah langsung diisi pasien bergejala yang semula isoman di rumahnya masing-masing," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Polresta Tasikmalaya AKBP Doni Hermawan membenarkan rumah dinas dan ruangan Bhayangkari Polsek Rajapolah difungsikan sebagai ruang isolasi darurat warga yang isoman bergejala.

Itu karena ruangan isolasi Puskesmas dan rumah sakit rujukan di Kabupaten Tasikmalaya telah penuh oleh pasien positif bergejala lainnya.

"Iya, betul, sudah laporan semalam dan saat ini sudah digunakan pasien isoman yang semula di rumahnya bergejala ke Polsek Rajapolah," singkat Doni.

Berdasarkan data Satgas Covid-19 Kecamatan Rajapolah, terdapat 544 kasus positif Covid-19 di wilayah itu hingga Sabtu (10/7/2021). Rinciannya, 351 pasien sembuh, 161 kasus aktif, dan 32 orang meninggal.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/10/160421478/ratusan-pasien-covid-19-isoman-karena-rs-penuh-rumah-dinas-kapolsek-jadi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke