Salin Artikel

Covid-19 Varian Delta Ditemukan di Salatiga, Wali Kota: Batasi Aktivitas Sementara Waktu...

Hal itu diketahui berdasarkan hasil penelitian terhadap sampel yang diambil dari beberapa pasien di Kota Salatiga.

Wali Kota Salatiga Yuliyanto, mengatakan pengambilan sampel terhadap pasien tersebut dilakukan pada Juni 2021.

"Ini hasilnya sudah keluar dan diketahui, ada jenis Delta terhadap beberapa pasien tersebut," kata Yuliyanto saat dihubungi, Sabtu (10/7/2021).

Menurutnya, terjadi lonjakan kasus Covid-19 di Salatiga pada Juni.

"Kemungkinan juga karena jenis Delta ini sudah menyebar. Jadi harus ada antisipasi agar tidak semakin meluas dan bisa dikendalikan," kata Yuliyanto.

Sampel terhadap pasien tersebut di antaranya diambil di Puskesmas Tegalrejo, Puskesmas Cebongan, dan Puskemas Sidorejo Lor.

Lebih lanjut, Yuliyanto mengimbau masyarakat untuk waspada dan hati-hati dalam beraktivitas. Masyarakat diimbau tetap mematuhi protokol kesehatan ketat.

"Gunakan masker dobel jika beraktivitas, selalu cuci tangan, jauhi kerumunan, kurangi mobilitas. Jangan disepelekan, Delta ini lebih ganas," jelasnya.


Yuliyanto menyampaikan Instruksi Menteri Dalam Negeri tentang PPKM Darurat harus dipatuhi agar Covid-19 tak semakin meluas.

"Batasi aktivitas sementara waktu. Kita juga kembali memberlakukan Salatiga di Rumah Saja pada Minggu (11/7/2021) agar mobilitas masyarakat berkurang," kata dia.

Ia menilai kebijakan Salatiga di Rumah Saja yang diterapkan pada 4 Juli 2021, bisa mengurangi tambahan kasus Covid-19.

"Seminggu ini tidak ada penambahan kasus di atas 100. Sebelumnya di atas itu, bahkan pernah juga 200-an. Jadi kita semua harus disiplin agar ini semakin terkendali," kata Yuliyanto.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/10/080912178/covid-19-varian-delta-ditemukan-di-salatiga-wali-kota-batasi-aktivitas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke